Menlu Retno Marsudi Menjamin Tak Akan Ada Pangkalan Militer Asing di NKRI

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi angkat suara terkait laporan Pentagon “Military and Security Development Involving the People’s Republic of China 2020”. Retno menyatakan wilayah Indonesia tidak dapat dan tidak akan dijadikan basis atau pangkalan maupun fasilitas militer bagi negara manapun.

“Secara tegas, saya ingin menekankan bahwa sesuai dengan garis dan prinsip politik luar negeri Indonesia, maka wilayah Indonesia tidak dapat dan tidak akan dijadikan basis atau pangkalan maupun fasilitas militer bagi negara manapun. Saya ulangi, wilayah Indonesia tidak dapat dan tidak akan dijadikan basis atau pangkalan maupun fasilitas militer bagi negara manapun,” kata Retno, Jumat, 4 September 2020 seeprti dikutip dari tempo.co

Sebelumnya dalam laporan Pentagon pada Selasa, 1 September 2020, disebutkan Indonesia merupakan salah satu negara yang dianggap oleh China sebagai lokasi bagi fasilitasi logistik militernya.

Situs asia.nikkei.com mewartakan dalam laporan Pentagon tersebut, China tampaknya telah menganggap Myanmar, Thailand, Singapura, Indonesia, Pakistan dan Sri Lanka serta beberapa negara Afrika dan Asia tengah lainnya sebagai fasilitas logistik.

Sumber: tempo.co

Baca Juga:  Sestama Bakamla RI Terima Courtessy Call Delegasi Jepang

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan