Mesir Jalin Kerjasama Militer Dengan Serbia

Para pemimpin Serbia dan Mesir sepakat untuk mengembangkan kerja sama militer bilateral pada hari Rabu.

Berbicara pada konferensi pers bersama di Beograd, Presiden Serbia Aleksandar Vucic dan tamunya dari Mesir Presiden Abdel-Fattah el-Sissi setuju untuk lebih meningkatkan hubungan antara kedua negara.

“Saya pikir kami dapat bekerja sama dengan Mesir secara militer karena … kami memiliki banyak hal untuk ditawarkan satu sama lain,” kata Vucic.

Menggambarkan kunjungan el-Sissi sebagai bersejarah, ia mengumumkan dimulainya kembali rute penerbangan langsung ke Kairo, yang dibatalkan karena pandemi COVID-19, dan penerbangan charter lainnya ke resor Mesir.

El-Sissi, sementara itu, mengatakan Mesir percaya pada penyelesaian konflik secara damai, menambahkan bahwa krisis di Ukraina harus diselesaikan melalui pembicaraan.

Dalam kunjungan tersebut, kedua negara menandatangani 13 protokol kerja sama sebagai bagian dari kemitraan strategis bersama, termasuk salah satunya tentang penghapusan visa bagi pemegang paspor diplomatik, dinas, dan sosial.

Vucic dan el-Sissi juga menyetujui deklarasi bersama tentang pembentukan kemitraan strategis antara kedua negara.

Deklarasi tersebut mencakup koordinasi politik pada isu-isu bilateral dan internasional, kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan, kerja sama ekonomi berdasarkan perjanjian perdagangan bebas, dan kerja sama di bidang pertanian dan energi dengan penekanan pada pengembangan dan diversifikasi gas dan energi lainnya. sumber.

Setelah konferensi pers, kedua pemimpin menghadiri pembukaan Forum Bisnis Serbia-Mesir, sementara Vucic juga mempersembahkan Ordo Republik Serbia kepada el-Sissi.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan