MiG-29 India Jatuh Lagi, Nasib Pakai Pesawat Yang Susah Suku Cadangnya

Pesawat Tempur MiG-29 milik Angkatan Udara India (IAF) kembali jatuh. Kali ini insiden terjadi saat dalam misi latihan militer di dekat Jalandhar Punjab, Jumat (08/05) pukul 12.30 waktu setempat. Pilot berhasil melontarkan diri dengan selamat.

“Pesawat mengalami gangguan teknis dan pilot melakukan eject karena dia tidak dapat mengendalikan pesawat. Pilot telah diselamatkan oleh helikopter. Dewan penyelidikan telah diperintahkan untuk menyelidiki penyebab kecelakaan,” kata pihak AU India.

MiG-29 sebenarnya bukan pesawat tua, usianya setara dengan F-16 namun karena rendahnya dukungan spare part dan perawatan dari Mikhoyan Rusia, banyak unit pesawat ini yang harus pensiun dini.

Di tahun 2020 ini saja, sudah 2 unit MiG-29 milik India yang jatuh.
Baca:
Pesawat MiG-29 India Kembali Jatuh

India sendiri memiliki lebih dari 60 unit MiG-29 yang mulai berdatangan pada tahun 1990. Namun 13 Unit di antaranya jatuh karena kecelakaan, bukan ditembak musuh.

Di tengah susahnya suku cadang, dengan batuan Israel, MiG-29 India telah diupgrade dengan avionik canggih dan senjata yang lebih baik untuk mengubahnya menjadi jet multirole yang dapat melakukan misi udara ke udara dan udara ke darat dengan sama baiknya.

Baca juga :

Dalam 15 Tahun terakhir, 264 Pesawat AU India Jatuh, Paling Banyak Buatan Rusia

Baca Juga:  Lalai, Pesawat Korea Selatan Luncurkan Rudal Anti Kapal Di Laut Jepang

Channel Militermeter

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan