MiG-29 Suriah Jatuh Saat Lepas Landas

Mig-29SM milik AU Suriah jatuh pada 5 Maret beberapa menit setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Sheirat di Provinsi Homs karena kegagalan teknis. Pesawat ini jatuh saat perang Turki vs Suriah sedang membara, mungkin ditugaskan untuk memburu F-16 milik Turki yang menjatuhkan Su-24 Suriah.

Pilot jet tempur tidak dapat mengeluarkan dan meninggal dalam kecelakaan itu. Dia diidentifikasi sebagai Kolonel Yunes al-Makdid dari Provinsi Lattakia.

AU Suriah mengoperasikan sekitar 20 Mig-29. Russian Aircraft Corporation MiG telah mengupgrade MiG-29 tersebut standar SM yang dikembangkan secara khusus, yang memungkinkan mereka menembakkan rudal udara-ke-udara (BVRAAM) di luar jangkauan visual dan rudal pandu udara-ke-permukaan yang dipandu dengan presisi. Selanjutnya, Mig-29SM dilengkapi dengan sistem jamming aktif untuk perang elektronika.

Ini adalah kali pertama Suriah kehilangan pesawat tempur MiG-29 sejak jet tempur jenis ini mulai beroperasi dengan SyAAF pada 1989.

Sejak pecahnya perang Suriah pada tahun 2011, Au Suriah telah menggunakan Mig-29SMs beberapa kali untuk membuka jalan bagi pasukan darat Suriah, terutama di Homs dan Damaskus.

Berikut ini kutipan twitter saat pesawat tersebut jatuh:

Baca Juga:  Myanmar Diguncang Tiga Ledakan Bom

1 Trackback / Pingback

  1. Turki Sengaja Kirim Pengungsi Suriah ke Eropa Untuk Desak NATO

Tinggalkan Balasan