Miho Otani : Komandan Wanita Pertama Kapal Perang Jepang

Diberitakan oleh Japan Times (2/12/2019) Untuk pertama kalinya AL Jepang melantik seorang wanita sebagai komandan kapal perang. Adalah Miho Otani wanita yang berasal daru Suita Perfektur Osaka yang mendapat kehormatan untuk menjadi pimpinan Kapal perang jenis Destroyer yaitu JS Myoko dari kelas Kongo.

Berbicara di depan wartawan dan kepada 300 awak Destroyer JS Myoko wanita cantik ini mengatakan “merupakan suatu kehormatan besar untuk menjadi kapten wanita pertama yang mengawaki kapal perusak AEGIS, saya berharap kedepan aka nada banyak wanita Jepang yang bisa mengikuti jejak saya mengawaki kapal perang ini”

Apa yang dikatakan oleh Miho Otani ini memang benar karena JS Myoko sendiri merupakan kapal perang paling canggih yang dimiliki oleh Tentara Laut Kekaisaran Jepang dengan panjang 160 meter dan bobot penuh mencapi 7500 ton membuat JS Myoko sebagai benteng terapung yang tidak dapat ditembus.

Kapal yang dibuat oleh Mitshubishi Heavy Industries ini merupakan kapal Destroyer kelas Arleigh Burke versi Jepang, kenapa bisa disebut analog dari Kelas Arleigh Burke yang merupakan kapal perang andalan AL AS? JS Myoko mempunyai sensor dan persenjataan yang sama persis dengan Arleigh Burke seperti penggunaan radar SPY -1 AEGIS dan rudal Standart Missile 2/3, ESSM dan harpoon.

Karena sensor dan dan persenjataan yang dibawa itulah tidak heran apabila AL Jepang mendapuk kapal ini sebagai kapal perang garis depan untuk mencegat rudal balistik nuklir/Balistic Missile Defense (BMD) milik Korea Utara yang sering terbang melewati wilayah Jepang.

Baca Juga:  Taiwan Gelar Latihan Wan An, Simulasi Hadapi Serangan Udara Dari China

Sumber: Wolrd Defense Zone

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan