Militer China Gunakan Senapan Serbu Baru QBZ-191

Saat parade militer China (PLA) yang digelar di Beijing pada 1 Oktober 2019 lalu, para tentara PLA menggunakan senapan serbu baru yang dikembangkan oleh Research Institute of China Ordnance Industries.

Menurut Blog Fire Arms, senapan baru itu dinamai “QBZ-191″, desainnya mirip dengan senapan serbu/karabin standar.

Senapan ini diklaim memiliki operasional yang sangat sederhana, bobotnya ringan dengan hentakan recoil yang kecil, menembak dengan akurasi sangat, kata Li Xiang, seorang penembak uji tembak kepada CCTV, sembari menegaskan bahwa segi ergonomi senjata tersebut cocok di medan perang.

Menurut analisis pertama armyrecognition, senapan serbu Tiongkok yang baru dipamerkan di parade militer China tersebut tampaknya merupakan senapan serbu konvensional dengan piston stroke pendek yang dioperasikan dengan gas. Senapan baru itu dirancang dalam tiga varian, versi karabin dengan laras 10,5″, senapan serbu dengan laras 14,5” dan ada juga senapan penembak jitu dengan laras yang lebih panjang lagi, berdasarkan beberapa gambar yang dirilis di Twitter.

Desainnya sangat mirip dengan senapan serbu modern yang dirancang di Eropa dan Amerika Serikat dengan rel Picatinny panjang di atasnya. Bagian atas senjata juga dilengkapi dengan optik baru yang tampaknya sangat mirip dengan red dot sight. Berkat desain optik, titik merah mengikuti pergerakan mata penggunanya sambil tetap pada target, menghilangkan kebutuhan untuk melakukan centering. Senapan ini juga memiliki popor telescoping 4-posisi yang dapat dilipat.

Baca Juga:  Amerika Tuding Rusia Langgar Perjanjian Penyebaran Rudal Nuklir

Menurut sumber-sumber China, senapan baru ini menggunakan amunisi jenis baru kaliber 5.8x42mm yang memiliki kinerja lebih baik pada jarak menengah hingga jarak jauh. Senapan memiliki jarak tembak efektif 300 m untuk versi karabin dan 400 m untuk versi senapan serbu dengan rate of fire teoritis 750 rpm.

Sumber : armyrecognition.com, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan