Mock-up Pesawat KF-X Dipamerkan di Seoul ADEX 2019

Di tengah pemberitaan gagalnya cicilan uang urunan pemerintah Indonesia dalam proyek bersama pesawat tempur KFX/IFX, Korea Aerospace Industries (KAI) menampilkan mock-up desain pesawat tempur next generation KF-X, untuk pertama kalinya di Seoul ADEX 2019, pameran industri penerbangan dan pertahanan internasional Seoul.

Menurut Korea Aerospace Industries (KAI), KF-X yang diluncurkan pada hari Senin kemarin (15/10) mampu terbang dengan kecepatan maksimum 1,81 Mach (2.200 km / jam), dengan 10 hardpoint untuk muatan (pod, rudal, tangki bahan bakar, dll.) melekat pada bagian bawah fuselage dan sayap pesawat. Dapat dilengkapi dengan sejumlah besar senjata, seperti misil udara-ke-udara dan rudal lainnya. Jarak jangkauan jelajahnya mencapai 2.900 km, dan dilengkapi dengan peralatan avionik terbaru, radar active electronically scanned array (AESA) dan sensor terbaru, serta mesin berdaya tinggi.

KF-X yang memiliki penampilan yang mirip dengan pesawat tempur stealth F-35A AS, memiliki keunggulan memiliki sekitar setengah dari biaya operasi dan lebih mampu bermanuver daripada F-35A, kata KAI.

Proyek KF-X, dengan total biaya pengembangan sebesar KRW 8,88 triliun, dimulai pada Januari 2016, dan desain dasarnya selesai pada Juni 2018. Desain rinci perangkat keras dan perangkat lunak telah selesai, dan produksi untuk bagian-bagiannya tengah berlangsung.

Prototipe pertama akan diluncurkan pada paruh pertama 2021, diikuti oleh uji penerbangan pertama pada paruh pertama 2022, dan pengembangan akan selesai pada 2026.

Baca Juga:  Robot Tank Uran-9 Rusia Punya Banyak Masalah di Suriah

Seoul ADEX 2019 diadakan di Bandara Seongnam Seoul di Gyeonggi-do dari tanggal 15 hingga 20 Oktober. Pameran ini akan memamerkan 430 perusahaan dari 34 negara dan memamerkan pesawat, peralatan kedirgantarann dan darat terbaru dengan teknologi canggih di 1.730 stan.

Sumber : news.joins.com, defense-studies.blogspot.com, TSM Angga Saja

2 Komentar

  1. seharusnya pemangku kepentingan di pihak Indonesia sadar diri soal tunggakan dana kerjasama pembuatan pesawat tempur generasi baru, saranku secepatnya Indonesia bayar tunggakan yg belum di bayar termasuk bunga tunggakan karena ini buat kepentingan Indonesia juga…

Tinggalkan Balasan