Myanmar Segera Terima Kapal Selama Pertamanya, Bekas Dari India

India akan segera mengirim kapal selam kelas Kilo bekas miliknya yang telah direkondisi ke Myanmar. Kapal selam ini dulunya diberi nama INS Sindhuvir (S58), yang dibeli dari Rusia pada 1980-an.

“Ini akan menjadi kapal selam pertama Angkatan Laut Myanmar,” kata Anurag Srivastava, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri India dalam sebuah keterangan pada hari Kamis (15/10).

Myanmar sedang berusaha memperoleh kapal selam untuk tujuan pelatihan. Panglima Angkatan Bersenjata Myanmar Senior General Min Aung Hlaing saat ini sedang melakukan kunjungan resmi ke India.

Perkembangan itu terjadi hanya beberapa hari setelah Panglima Angkatan Darat India MM Naravane dan kunjungan Menteri Luar Negeri India Harsh Vardhan Shringla ke Myanmar. Selama kunjungan mereka, India setuju untuk memasok senjata artileri, tank, rompi anti peluru dan peralatan lainnya ke militer Myanmar “Tatmadaw.”

Kapal selam tersebut saat ini sedang dimodernisasi oleh Hindustan Shipyard Limited (HSL) di kota Vizag India. Pengiriman kapal dapat dilakukan segera setelah selesai dilakukan upgrade-nya.

Media India melaporkan, izin yang diperlukan telah didapatkan dari Rusia terkait transfer kapal selam kelas Kilo tersebut ke Myanmar. Kapal selam itu akan dilengkapi dengan sistem buatan dalam negeri India untuk membantu pelatihan Angkatan Laut Myanmar.

Sumber : defenseworld.net via TSM

Baca Juga:  India Bangun 110 Hanggar Perlindungan Pesawat Tempur di Perbatasan China dan Pakistan

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan