NATO Pastikan Rudal Yang Menghantam Polandia Bukan dari Rusia

Pada hari Rabu, Polandia bersama negara negara aliansi NATO mengatakan serangan rudal di tanah pertanian Polandia yang menewaskan dua orang tampaknya bukan serangan yang disengaja, melainkan rudal sistem pertahanan udara Ukraina yang menyasar jatuh di perbatasan kedua negara.

“Pertahanan Ukraina meluncurkan misil mereka ke berbagai arah dan sangat mungkin salah satu misil ini sayangnya jatuh di wilayah Polandia”, kata Presiden Polandia Andrzej Duda. “Tidak ada, sama sekali tidak ada, yang menunjukkan bahwa itu adalah serangan yang disengaja ke Polandia”.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, pada pertemuan aliansi militer 30 negara di Brussel setelah Artikel 4 digunakan oleh Polandia, “Kami tidak memiliki indikasi bahwa ini adalah hasil dari serangan yang disengaja”. Diluar dari ini, hal ini membuktikan betapa rentannya konflik Rusia-Ukraina akan menyebar ke negara negara NATO jika Rusia dengan sengaja menargetkan Polandia, itu bisa berisiko menyeret NATO ke dalam konflik. Sebelumnya Presiden Joe Biden saat berada di Bali, Indonesia, mengatakan tidak mungkin Rusia menembakkan rudal itu.

Tiga pejabat Amerika Serikat juga mengatakan bahwa rudal yang jatuh di Polandia adalah sistem pertahanan Ukraina yang sedang berusaha menangkis rangkaian serangan rudal Rusia.

Sumber :

https://www.militarytimes.com/news/2022/11/16/poland-nato-say-missile-strike-wasnt-a-russian-attack/?utm_source=twitter&utm_medium=social&utm_campaign=tw_mt

Baca Juga:  Selangkah Lagi, Jepang Gabung Dengan Inggris dan Italia Bikin Pesawat 5G