Naval Group Prancis Gandeng PT PAL Untuk Produksi Mesin Kapal Selam di Indonesia

Naval Group dan PT PAL Indonesia menandatangani nota kesepahaman pembentukan Energy Research Lab pada 2 November 2022 untuk mengembangkan mesin perkapalan.

Naval Group bersama PT PAL Indonesia dan mitra lokal tengah bekerjasama di bidang litbang teknologi perkapalan. Kerjasama ini mencakup pembentukan lembaga bernama Energy Research Lab di Indonesia untuk membuat mesin kapal selam terkini. Lembaga ini nantinya akan mengumpulkan para ahli yang berasal dari industri maupun universitas.

Dalam kerangka kemitraan strategis antara Indonesia dengan Prancis di sektor kapal selam yang ditandatangani pada Februari 2022, Naval Group dan PT PAL Indonesia berkomitmen untuk membuat Indonesia mandiri dalam menjaga kedaulatan maritimnya, serta membuat dampak positif berupa penciptaan lapangan kerja berkualitas tinggi dalam jangka panjang.

Beberapa para pemangku kepentingan di Indonesia, termasuk akademisi, ilmuwan, dan para mitra industri telah diidentifikasi untuk berkontribusi membangun mesin kapal selam terkini di Indonesia. Talenta lokal berbakat ini akan melakukan rangkaian penelitian dan pengembangan terhadap berbagai topik, seperti pengembangan baterai Li-Ion generasi terbaru dan jaringan listrik tanam.

Tentang Naval Group

Naval Group merupakan mitra untuk menjaga kedaulatan maritim pelanggan. Sebagai aktor internasional dalam pertahanan angkatan laut dan pewaris pengetahuan Angkatan Laut Prancis, Naval Group mengembangkan solusi inovatif untuk memenuhi kebutuhan angkatan laut berbagai negara. Naval Group hadir di setiap siklus hidup kapal, mulai dari tahap perancangan, pembangunan, pengintegrasian dan pemeliharaan kapal selam maupun kapal permukaan beserta sistem peralatannya, hingga pembongkaran kapal. Naval Group juga menyediakan layanan untuk galangan kapal dan pangkalan angkatan laut. Naval Group merupakan sebuah perusahaan berteknologi tinggi yang dibangun di atas keahliannya yang luar biasa, desain yang unik, serta sumber daya produksi dan kemampuannya untuk mengatur kemitraan strategis dan transfer teknologi. Beroperasi di lima benua, Naval Group memiliki omset 4,1 miliar Euro dan mempekerjakan 16.028 karyawan (setara karyawan tetap menurut data Desember 2021).