Negara Arab Pengen Beli Jet Tempur Skakmat Rusia

Pesawat tempur siluman terbaru Rusia, Sukhoi Su-75 ‘The Checkmate‘ ternyata sudah diincar negara Timur Tengah.

Rusia menarget negara-negara Timur Tengah di antara pelanggan potensial,” katanya Victor Kladov, direktur untuk kerjasama internasional dan kebijakan regional perusahaan Rostec kepada Arab News.

Dia mengharapkan sebanyak 300 pesanan pesawat selama 15 tahun ke depan, terutama dari Timur Tengah, Asia dan Amerika Latin.

Setelah Qatar membeli pesawat Rafale buatan Prancis, ada tren baru di negara-negara Arab untuk mulai tidak membeli lagi pesawat buatan Amerika Serikat.

“Minat pasar pada pesawat canggih seperti ‘The Checkmate’ sangat kuat di Timur Tengah, terutama jika peluang kerja dan investasi dapat membantu memenuhi kebijakan offset dan industrialisasi lokal,” kata Charles Forrester, analis utama intelijen pertahanan Janes.

“Keinginan untuk memiliki kontrol berdaulat atas kemampuan canggih adalah bagian penting dari ini, terutama mengingat tantangan keamanan rantai pasokan dalam menghadapi kontrol ekspor dari mitra asing.”

Harga pesawat ini diperkirakan antara US$ 25 juta dan US$ 30 juta menurut CEO Rostec Sergey Chemezov.

Dirancang untuk bersaing dengan jet tempur siluman F-35 AS, beberapa detail sebelumnya telah dipublikasikan tentang pesawat yang dibuat oleh Rostec, konglomerat manufaktur industri pertahanan Rusia dan UAC.

Baca Juga:  Kuras Anggaran, Ribuan Tentara Amerika Serikat Impoten dan Jadi Gay Setelah Perang Di Irak

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan