Ngatain Rudal Patriot Mandul, S-300 Rusia Juga Mandul di Suriah

Di saat Presiden Rusia Vladimir Putin koar-koar tentang kemandulan rudal Patriot di Arab Saudi. Sistem pertahanan udara S-300 ternyata juga lebih parah mandulnya di arena perang Suriah.

Diberitakan oleh Al Masdar News (15/9/2019) Suriah dikabarkan untuk membeli sistem hanud Bavar 373 milik sekutunya yaitu Iran. Apa yang membuat Suriah berencana untuk membeli sistem hanud yang kemampuannya sama dengan S 300 milik Rusia sedangkan Suriah sendiri diketahui sudah mempunyai sistem S 300PMU2 yang banyak difavoritkan banyak negara.

Menurut media Rusia Avia Pro sistem hanud S 300PMU2 yang dipasok oleh Rusia menunjukan efisensi yang sangat rendah selama tahap uji coba. Lebih lanjut dalam laporannya hingga saat ini S 300PMU2 milik Suriah belum pernah digunakan untuk mengusir serangan jet-jet tempur F16 Soufa dan F 35 Adir milik AU Israel, menurut beberapa sumber Rusia sepertinya memang membatasi penggunaan S 300 oleh Suriah karena terkait posisi khusus Rusia di Timur Tengah serta menjaga hubungan dengan Israel sendiri.

Sebagai informasi Sistem pertahanan udara jarak jauh Bavar-373 mampu mendeteksi hingga 100 target, melacak 60 target, dan dapat mengunci 6 target secara bersamaan. Fitur utama Bavar-373 adalah sistem peluncuran vertikal dengan peluncur persegi, yang sebagian besar digunakan untuk pertahanan udara di kapal perang.

Baca Juga:  Pesawat Komando Kiamat Rusia Telah Resmi Terbang

1 Komentar

Tinggalkan Balasan