Norwegia Pensiunkan Pesawat F-16 Digantikan Pesawat F-35

Norwegia telah mempensiunkan Pesawat F-16 Fighting Falcon, dan pesawat F-35 Lightning II Joint Strike Fighter (JSF) secara resmi mengambil alih semua tugas penerbangan tempur mulai awal tahun 2022.

Royal Norwegian Air Force (RoNAF) mengumumkan pencapaian tersebut pada 6 Januari, mencatat bahwa 57 pesawat F-16AM/BM yang tersisa, pertama kali diterima pada tahun 1980, telah sepenuhnya digantikan oleh F-35A, 52 unit pertama diterima pada tahun 2015.

“Dalam hujan salju lebat di Evenes, F-35 hari ini memulai tugas menjaga wilayah udara Norwegia. Pada saat yang sama, kami berterima kasih untuk F-16 atas 42 tahun pelayanan untuk Norwegia dan NATO,” kata RoNAF.

Seperti yang dicatat oleh RoNAF dalam pengumumannya, dalam serah terima tersebut terlihat dua F-35A ditempatkan dalam kesiapan Quick Reaction Alert (QRA) 15 menit. Meskipun F-16 melakukan misi ini dari Pangkalan Bodo, F-35 akan melakukannya dari Pangkalan Evenes.

Sebelum membela peran QRA nasional mereka, F-35A RoNAF telah terbang dalam misi Pemolisian Udara Islandia NATO selama 2020–21.

F-16 Bekas Norwegia ini sekarang jadi barang faorit di pasar senjata bekas, beberapa negara sudah antri untuk bisa membelinya, di antaranya Rumania.

Baca Juga:  Kapal Induk Helikopter Jepang Akan Bisa Menampung Pesawat F-35B

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan