Pakistan Kirim 4500 Tentara Ke Qatar Bantu Amankan Piala Dunia 2022

Pakistan dilaporkan mengirim 4500 tentara berangkat ke Qatar untuk membantu keamanan di Piala Dunia FIFA 2022 yang digelar di negara kecil tersebut.

Menurut Radio Pakistan, kontingen keamanan berangkat dari Pangkalan Udara Nur Khan di Rawalpindi dan terdiri dari perwira militer, Perwira Muda, dan personel militer Pakistan lainnya.

Langkah itu dilakukan menyusul rancangan perjanjian yang disetujui oleh kabinet federal pada Agustus untuk mengirim pasukan atas permintaan kerajaan Qatar, untuk mengantisipasi kedatangan 2,1 juta pengunjung selama turnamen tersebut, penduduk Qatar sendiri hanya 2 juta jiwa.

Pasukan bersenjata akan menjaga tim sepak bola di hotel, menandai peristiwa penting pertama di mana pasukan Islamabad dikirim ke luar negeri untuk memberikan layanan keamanan untuk acara internasional.

Sebagai imbalanya, Qatar telah dan sedang menginvestasikan dana senilai $2 Milyar dolar di Pakistan.
Tim keamanan dari FIFA telah melatih tentara Pakistan sebelum mereka melakukan perjalanan ke Qatar.

“[Tim FIFA] telah memberikan pelatihan dasar, berbagi informasi tentang pintu keluar dan masuk ke stadion, keamanan tim sepak bola, dan aspek keamanan lainnya dari acara global tersebut,” kata seorang pejabat Pakistan kepada The Telegraph.

Baca Juga:  Rusia Tingkatkan Sistem Senjata dan Fasilitas di Pangkalan Laut Tartus Suriah