Panglima TNI Tunjuk 3 Jenderal Pimpin Kogabwilhan

TNI menunjuk tiga perwira tinggi untuk memimpin Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan). Kogabwilhan resmi dibentuk pada awal 2019 untuk memimpin operasi gabungan.

Ketiga jenderal yang dipercaya memimpin Kogabwilhan adalah Laksda TNI Yudo Margono, Marsda TNI Fadjar Prasetyo, dan Mayjen TNI Ganip Warsito.

Ketiganya ditunjuk berdasarkan surat keputusan Panglima TNI bernomor Kep/1055/IX/2019 tanggal 24 September 2019. Surat berisi mutasi dan promosi 69 perwira tinggi di jajaran TNI. Terdiri atas 21 perwira tinggi di jajaran TNI Angkatan Darat, 23 perwira tinggi TNI Angkatan Laut, dan 25 perwira tinggi TNI Angkatan Udara.

“Mutasi dan promosi ini untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier perwira tinggi. Untuk mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis,” demikian info dari Kepala Bidang Penerangan Umum, Pusat Penerangan TNI, Kolonel Taibur Rahman, melalui keterangan tertulis, Rabu, 25 September 2019.

Yudo Margono yang sebelumnya menjabat Panglima Komando Armada I, dipercaya menjadi Panglima Kogabwilhan I. Fadjar Prasetyo dipercaya menjadi Panglima Kogabwilhan II setelah sebelumnya menjabat Panglima Komando Operasi Angkatan Udara I. Sedangkan Ganip Warsito yang sebelumnya menjabat Asisten Operasi Panglima TNI, dipercaya menjadi Panglima Kogabwilhan III.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto membentuk Kogabwilhan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2016 tentang Susunan Organisasi TNI. Kogabwilhan dipimpin jenderal berbintang tiga.

Kogabwilhan langsung di bawah Panglima TNI untuk menangani konflik wilayah, terutama di perbatasan. TNI dituntut membuat strategi pangkalan terintegrasi di sejumlah wilayah perbatasan.

Baca Juga:  Belarus Terima Batch Pertama Kendaraan Lapis Baja CS/VN3 dari Tiongkok

“Seperti di Natuna, Morotai, Saumlaki, atau Biak. Ini satu tuntutan tugas yang harus diisi dengan jabatan itu, termasuk Kogabwilhan,” kata Hadi, usai pembentukan Kogabwilhan, Selasa, 29 Januari 2019.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan