Pensiunkan Pesawat CF-18A, Kanada Terima Tawaran Untuk F-35, F/A-18, dan Gripen

Kanada telah mendapatkan penawaran untuk mengganti armada jet tempurnya dengan salah satu dari pesawat berikut; pesawat tempur Lockheed Martin F-35, Boeing F/A-18E/F Super Hornet atau pesawat Saab Gripen E.

Pada 31 Juli, pemerintah Kanada mengatakan pemerintah Swedia telah mengajukan penawaran atas nama Saab sementara pemerintah AS menawarkan jet dari Boeing dan Lockheed.

Tawaran itu untuk menggantikan armada pesawat tempur CF-18A Angkatan Udara Kanada – yang merupakan turunan dari F/A-18 – dengan 88 pesawat tempur baru, dimana pengiriman akan dimulai pada awal 2025, kata pihak Kanada.

Negara ini mengakuisisi jet sebagai bagian dari Proyek Kemampuan Tempur Masa Depan, dan pemerintah Kanada mematok biaya perolehan dan peralatan terkaitnya pada harga dengan C $ 15-19 miliar (US$ 11-14 miliar).

Kanada mengatakan akan menyelesaikan evaluasi proposal awal pada musim semi 2021, disusul dengan negosiasi dan pemberian kontrak akhir pada 2022.

“Proposal akan dievaluasi secara ketat pada elemen-elemen kapabilitas, biaya dan manfaat ekonomi,” kata Menteri Pelayanan Publik dan Pengadaan Negara Kanada Anita Anand.

Boeing menyebut F A-18 Super Hornet Block III sebagai “pilihan yang telah terbukti dan terjangkau … yang akan membawa peluang yang tak tertandingi dan terjamin bagi industri Kanada”.

“Pilihan Super Hornet akan membantu [AU Kanada] untuk memenuhi kebutuhan misi mereka, sekaligus meningkatkan infrastruktur yang ada untuk menurunkan biaya pemeliharaan jangka panjang pesawat,” kata direktur penjualan pesawat tempur Kanada Boeing Jim Barnes.

Baca Juga:  Ratusan Senjata SAGL 40mm Milik Polri Tertahan di Bandara Soekarno Hatta

Sementara itu, Lockheed Martin menyebutkan bahwa Kanada telah menjadi “mitra yang penting sejak awal” program F-35, dan menambahkan bahwa “industri Kanada memainkan peran integral dalam rantai pasokan F-35 global”.

Saab mengatakan Gripen “dirancang untuk beroperasi di lingkungan yang keras dan mengalahkan ancaman global yang paling canggih. Sistem ini memenuhi semua persyaratan pertahanan khusus Kanada, menawarkan kinerja yang luar biasa dan kemampuan teknis yang canggih ”.

Sumber : flightglobal.com via TSM

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan