Perang Saudara Meletus di Venezuela

Perang saudara mulai meletus di Venezuela hari ini, (1 Mei 2019). Perang ini adalah buntut dari kekisruhan hasil pemilu yang sama-sama diklaim kemenanganya oleh Nicolas Maduro dan Juan Guaido.

Pihak oposisi yang dipimpin Juan Guaido dan didukung oleh beberapa elemen militer mulai melancarkan pertempuran untuk merebut kekuasaan dari Presiden Nicolas Maduro.

Pihak Guaido memberi sandi operasi ini dengan nama nama Operacion Libertad (Operation Liberty). Operasi ini dimanifestasikan dengan protes massal untuk menggeser Maduro dari kursi kepresidenan, serta memanggil kekuatan militer dan polisi lainnya di Venezuela untuk bergabung.

Kekuatan militer yang bergabung dengan Guaido memakai armband warna biru. Mereka terlihat menenteng senjata yang bukan senjata resmi militer Venezuela, besar kemungkinan mereka mendapatkanya dari pasar gelap di luar negeri.

Salah satu personnel pro-Guaido terlihat menggunakan senjata AR-15 pattern dengan upper receiver AR-57. Carbine ini menggunakan peluru kaliber PDW 5.7×28mm dan dapat menggunakan magasin untuk FN P90. Carbine ini tidak berada dalam active service militer manapun.
Arm band personel militer pro Guaido

Orang-orang sipil menyerbu La Carlota Air Base, mereka berhasil menembus satu perimeter pagar namun didorong keluar oleh keamanan pangkalan udara. Pihak oposisi bersiap untuk standoff dengan senjata di jalan tol luar bandara, dan terjadi pertempuran dengan pihak Maduro.

Pihak militer yang Pro Maduro juga mulai memberikan perlawanan dengan senjata tajam.

Aksi protes terhadap Maduro juga menyebar ke seluruh negeri, di 22 dari 24 negara bagian Venezuela.

Kekuatan oposisi sekarang bergerak menuju Miraflores Palace untuk menuntut mundurnya Maduro. Kekuatan loyalis memblokade jalan yang mengarah ke Miraflores.

Baca Juga:  Sukhoi Su-24 Suriah Ditembak Jatuh Israel

Sumber:

https://www.thedrive.com/the-war-zone/27746/venezuelas-capital-is-in-the-grips-of-violent-upheaval-and-heres-what-you-should-know

3 Komentar

  1. Kondisi inilah yg diharapkan Prabowo dkk..menentang hasil pemilu walau keputusan belum ada …gaya menekan BPN mengharapkan 01 menyatakan mundur, bpn sedang memainkan perasaan cinta tanah airnya 01 dimana berharap 01 berpikir drpd kaya venezuela mending saya mundur..itulah kondisi yg diharapkan BPN dan kondisi terburuk ya perang saudara krn mereka konsekuen menganggap curang walau mereka sendiri gak bisa buktikan .

    • BACOT LU TONG…………. KASIH DAH NO HP DAN ALAMAT SUREL KOWE AMA TIM PRABOWO
      ANE JAMIN MUKE LO BONYOK DAH DI HAJAR MASA…………….. MUHEHEHEEEE

Tinggalkan Balasan