Perang Ukraina, Bukti Bahwa Aliansi BRICS Telah Sekuat NATO

Aliansi BRICS adalah aliansi 5 negara besar non NATO. Kelima negara tersebut adalah Brazil, Rusia, India, China dan South Afrika (Afrika Selatan). Walau bukan aliansi militer seperti NATO, tapi aliansi 5 negara telah berhasil membantu Rusia selama embargo barat akibat invasi ke Ukraina.

Aliansi ini awalnya hanya terdiri dari empat negara pada tahun 2009 dengan nama BRIC, baru pada tahun 2010 Afrika Selatan bergabung nama berubah menjadi BRICS. Tujuanya adalah wadah perjuangan bagi 5 negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Aliansi ini menjadi solid dan meluas tidak hanya perkara ekonomi tapi juga sampai pada kerjasama militer walau hanya sebatas transfer teknologi dan kemudahan pembelian senjata antar anggota.

Pada KTT BRIC yang kedua berlangsung pada tanggal 15 April 2010 di ibu kota Brazil, Brasilia. BRICS mulai berani menggoyang kekuatan negara adidaya Amerika Serikat dan sekuturnya NATO baik di PBB maupun di lembaga keuangan dunia seperti IMF dan Bank Dunia.

Berikut ini tuntutan BRICS sejak 2010 sampai hari ini:

  1. Reformasi institusi keuangan internasional seperti IMF dan Bank Dunia agar dapat lebih menampung aspirasi negara-negara berkembang
  2. Perlunya diversifikasi sistem moneter internasional, tidak terfokus lagi pada US Dollar sebagai mata uang internasional
  3. Agar PBB memainkan peran yang lebih penting dalam diplomasi multilateral
  4. Peran yang lebih besar untuk Brazil dan India di PBB (agar kedua negara tersebut juga bisa menjadi anggota tetap Dewan Keamanan PBB)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan