Pesawat F-18 Super Hornet Block III Pertama Telah Diterima AL Amerika

Pesawat F/A-18 Super Hornet Block III terbaru telah diserahkan kepada US Navy (AL Amerika) dari total pesanan 78 unit. Pesawat generasi 4,5G ini adalah versi terbaru dari keluarga Hornet dengan berbagai upgrade.

Di antara upgrade adalah sistem kokpit canggih yang dilengkapi dengan layar sentuh ukuran 10×19″, kemampuan jaringan yang ditingkatkan, sistem open mission, radar signature yang lebih kecil, airframe yang bisa berumur hingga 10.000 jam, sistem komunikasi yang ditingkatkan, dan dilengkapi dengan CFT berkapasitas 3,500 pounds yang dapat mengurangi drag pada pesawat sehingga memungkinkan Hornet Block III ini dapat terbang lebih jauh, lebih cepat, dan membawa muatan lebih banyak.

Satu lagi fitur yang di unggulkan dari pesawat ini adalah IRST-nya yang dapat mendeteksi ancaman jarak jauh tanpa harus mengandalkan radar

Processor baru yang ditanamkan pada SH Block III membuatnya menjadi pesawat tempur yang dapat melakukan banyak tugas dalam waktu yang singkat dan meningkatkan situational awareness sang pilot. Jet tempur ini siap menerima solusi berbasis aplikasi yang memungkinkan upgrade ke pesawat sepanjang masa pakainya.

Seperti yang kita tahu, Boeing menerima kontrak sebesar $4 miliar dari US Navy pada tahun lalu untuk mengirimkan 78 unit pesawat tempur F/A-18 Super Hornet Block III. 78 unit peswat tersebut datang dari 3 lini produksi yang diantaranya, 1 lini produksi pesawat baru, dan dua lini Service Life Modification yang memperpanjang masa pakai dan akhirnya meningkatkan Super Hornet Blok II ke Blok III. Pesawat pertama ini akan menjalani uji terbang yang dilakukan oleh US Navy sebelum akhirnya bisa beroperasi.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan