Pesawat Hercules TNI Berlatih Mengangkut Meriam Howitzer Caesar

Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah melakukan uji coba pemuatan sistem howitzer self-propelled CAESAR 155 mm/52 kaliber di salah satu pesawat angkut C-130H-nya.

Uji coba tersebut membuka jalan bagi latihan penyisipan artileri cepat pertama yang melibatkan jenis senjata, yang dijadwalkan akan diadakan pada Agustus 2022, kata Angkatan Darat Indonesia dalam sebuah pernyataan 11 Juli. Latihan ini akan dilakukan sebagai bagian dari Latihan ‘Garuda Shield’, kegiatan militer bilateral tahunan yang diadakan dengan Angkatan Darat AS di Indonesia, tambah dinas tersebut.

Uji coba pemuatan dilakukan pada 4 Juli di Bandara Internasional Kertajati di Jawa Barat. Ini melibatkan badan pesawat C-130H dari Skuadron Penerbangan 31 Angkatan Udara Indonesia dan unit kaliber 155 mm/52 CAESAR dari Batalyon Artileri Lapangan 9 Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat Indonesia.

Angkatan Darat Indonesia mengoperasikan 55 artileri self-propelled kaliber 155 mm/52 CAESAR, yang pertama dipesan berdasarkan kontrak 2012 yang ditandatangani dengan perusahaan pertahanan Prancis Nexter Systems. Senjata itu pertama kali dioperasionalkan oleh layanan tersebut pada tahun 2016.

Baca Juga:  Su-35 Rusia Permainkan P-8A Poseidon, Amerika Protes

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan