Pesawat Intai AS Merapat Ke Daratan China

Account SCS Probing Initiative (@SCS_PI) melaporkan bahwa sebuah pesawat intai RC-135U Combat Sent milik USAF dengan s/n 64-14849 terbang dalam jarak 25.33 nm dari pesisir China. Ini merupakan penerbangan intai US terdekat ke mainland China berdasarkan data publik.

Pada saat yang bersamaan, sebuah MPA P-8A Poseidon dan pesawat intai SIGINT EP-3E Aries II juga mengudara di atas perairan selatan Taiwan.

Pesawat intai US dapat terbang dengan jarak hingga 20 nm dari pesisir negara lain, akan tetapi terkadang perencana misi membatasi jarak ke 40 nm demi menghindari kesalahan baca radar yang berpotensi menyebabkan keributan internasional.

Tentu saja, aplikasi flight tracker dengan public domain tidak memiliki akurasi yang optimal, tidak seperti radar plot yang dirilis pihak militer dalam beberapa kejadian. Data yang dikumpulkan SCS Probing Initiative kemungkinan berasal dari MLAT (multilateration data) yang akurasinya dapat dipengaruhi beragam faktor. Harus menjadi catatan juga bahwa track data terlihat melompat-lompat ketika Combat Sent seharusnya terbang lurus.

Combat Sent merupakan pesawat intai ELINT yang ditujukan untuk menemukan lokasi, mengidentifikasi serta menganalisa beragam jenis pemancar lawan.

Baca Juga:  Susah Terbang, Mahatir Cari Bantuan Untuk Pemeliharaan Su-30MKM dan MiG-29 AU Malaysia

Channel Militermeter

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan