Pesawat J-15 China Beraksi Dari Pangkalan Lingshui di Laut China Selatan

Media milik pemerintah China telah merilis rekaman video yang menunjukkan pesawat tempur J-15 milik Tentara Udara Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat – People’s Liberation Army Navy Air Force (PLANAF) dioperasikan dari pangkalan udara yang diidentifikasi Janes sebagai Pangkalan Udara Lingshui di Pulau Hainan di Laut China Selatan (LCS).

Dirilis oleh reporter China Central Television (CCTV) media milik pemerintah pada 27 Mei, rekaman tersebut menunjukkan setidaknya dua pesawat sejenis lepas landas dari pangkalan dan melakukan latihan, termasuk pengisian bahan bakar dalam penerbangan, sebelum mendarat di pangkalan yang sama, yang merupakan bagian dari Komando Teater Selatan PLA.

Ini menandai pertama kalinya pesawat tempur multirole J-15 yang biasanya dioperasikan dari kapal induk, yang diproduksi oleh Shenyang Aircraft Corporation (SAC), terlihat beroperasi dari pangkalan ini, yang telah menjadi rumah bagi Divisi Udara ke-3 PLAN sejak 2018-19.

Perkembangan terbaru datang setelah citra satelit komersial yang diambil pada 27 Januari menunjukkan bahwa China telah menempatkan landasan pesawat pembawa tiruan di pangkalan tersebut. Landasan landasan, ditempatkan di ujung tenggara landasan pacu, menyediakan tempat bagi pilot untuk berlatih pendekatan kapal induk dan pendaratan saat beroperasi dari pantai.

Jalur pendaratan kapal induk, yang dicat antara November 2020 dan Januari tahun ini, berukuran panjang dan lebar sekitar 206 × 26 m. Lokasi pendaratan helikopter dan penandaan mengikat, serta penandaan posisi kawat penahan, yang identik dengan yang ditemukan di Shandong (CV 17) kapal induk kedua PLAN seperti juga dimensi relevan yang terlibat.

Baca Juga:  Gertak Kapal Perang Amerika, Rusia Tembakkan Rudal Kalibr

Sumber: janes.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan