Pesawat MiG-21 Milik India Jatuh Lagi

Sebuah pesawat MiG-21UM berkursi ganda jatuh di dekat kota Gwalior, India. Menurut narasumber, kedua pilot berhasil eject dengan selamat.

MiG-21UM adalah pesawat latih Angkatan Udara India dan pilot termasuk seorang Group Captain (Kolonel) dan seorang Squadron Leader (Mayor).

Pesawat itu tengah melakukan misi latihan rutin dari Gwalior Airbase ketika kemudian jatuh di dekat lapangan terbang tersebut sekitar pukul 10 pagi.

Jet pelatih itu jatuh di Choudhary-ka-Pura di distrik Bhind, Madhya Pradesh, kata polisi dari daerah itu.

“Kedua pilot itu melontarkan diri dengan selamat sesuai dengan informasi yang diberikan kepada kami dari kepala desa setempat, sekitar 60 km dari markas distrik,” kata Kepala Polisi Bhind, Rudolf Alvares kepada PTI.

“Kedua pilot, Squadron Leader dan Group Captain, melontarkan diri dengan selamat dan dijemput oleh helikopter penolong. Pesawat itu adalah pesawat latih jenis Type-69 berkursi ganda,” kata seorang pejabat AU India. Type-69 adalah pengkodean AU India untuk pesawat latih tempur MiG-21UM Izdeliye 69.

Dewan Penyelidikan akan mencari tahu penyebab kecelakaan tersebut.

Angkatan Udara India kehilangan 27 pesawat, termasuk 15 jet tempur dan helikopter, dalam kecelakaan sejak 2016, kata Menteri Negara Pertahanan Shripad Naik mengatakan pada Juni 2019. Angka itu termasuk MiG-21 yang jatuh yang diterbangkan oleh Commander (Letnan Kolonel) Abhinandan Varthaman dalam dogfight dengan pesawat Angkatan Udara Pakistan pada 27 Februari lalu.

Baca Juga:  Amerika Tuding China Jual Senjata Terlalu Murah Biar Bisa Memonopoli Pasar

Sumber : economictimes.indiatimes.com, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan