Pesawat MiG-29 AU Iran Jatuh

Pesawat tempur MiG-29 milik AU Iran jatuh pada hari Rabu (25/12) di dekat gunung berapi yang tidak aktif di barat laut negara itu dan pilotnya masih belum ditemukan, media resmi melaporkan.

Kantor berita negara IRNA mengatakan jet itu jatuh pada jam 9:00 pagi (0530 GMT) di dekat Gunung Sabalan, di Lesser Caucasus, dan merupakan MiG-29 yang sedang melakukan penerbangan uji coba setelah overhaul.

Nasib kedua pilot tersebut masih misterius dan upaya untuk menemukan mereka terhambat oleh badai salju yang parah.

Gunung Sabalan merupakan gunung tertinggi ketiga di Iran yang memiliki danau kawah di puncaknya dan dinyatakan sebagai gunung berapi yang tidak aktif.

Jet tempur MiG-29 Iran. Foto/REUTERS/Morteza Nikoubazl

Rekaman video amatir yang dipublikasikan di akun media sosial dari berbagai outlet media di Iran tampaknya memperlihatkan asap membubung di atas puncak yang tertutup salju.

Operasi search and rescue sedang berlangsung untuk mencari pilot, yang diidentifikasi sebagai Kolonel Mohammadreza Rahmani, salah satu pilot yang paling berpengalaman.

“Menyusul jatuhnya pesawat militer di Ardabil (provinsi), helikopter dan kelompok penyelamat telah dikirim ke wilayah itu,” kata Bulan Sabit Merah Iran dalam sebuah pernyataan di situsnya.

Angkatan Udara Iran memiliki bermacam-macam pesawat militer buatan Amerika Serikat (AS) dan Rusia. Yang bikinan AS dibeli sebelum Revolusi Islam 1979. Sedangkan pesawat bikinan Rusia dibeli setelah era Revolusi.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan