Pesawat N250 Gatotkaca Dikirim ke Museum

Sejarah baru sedang dijalani N-250 Gatotkaca. Pesawat asli karya putra Indonesia yang pada 1995 sempat menggegerkan dunia karena kecanggihan teknologinya pada jamannya, kini harus menerima kenyataan sebagai penghuni museum.

Pesawat kebanggan negeri yang dibanggakan saat mengudara pada 10 Agustus 1995 sebagai kado HUT ke-50 Indonesia itu akan melakukan perjalanan panjang dari Bandung menuju Muspusdirla Yogyakarta, bukan terbang tetapi melalui jalan darat.

Saat krisis ekonomi melanda, salah satu syarat dari IMF untuk menyelamatkan Indonesia adalah pembekuan proyek N250.

Pesawat N-250 adalah pesawat penumpang sipil regional komuter turboprop rancangan asli IPTN, Indonesia. Menggunakan kode N yang berarti Nusantara menunjukkan bahwa desain, produksi dan perhitungannya dikerjakan di Indonesia atau bahkan Nurtanio, yang merupakan pendiri dan perintis industri penerbangan di Indonesia.

Baca Juga:  Menhan Bakal Terapkan Program Bela Negara di Papua

3 Komentar

  1. Inilah yang sebenarnya paling diinginkan oleh pihak Barat… salah satunya adalah bagaimana caranya agar industri penerbangan kita tidak berkembang… dengan demikian dipastikan kita akan tetap menjadi konsumen dari produk-produk yang sejenis buatan Barat……………….

  2. Sedih melihatnya bila teringat perjuangan almhm Pak Habibie. Sampai ajalnya pun, impiannya belum terwujud jg, apalagi dgn ditendangnya R80 dari proyek strategis nasional.

  3. Sedih sih sebenrnya ini, seandainya pemerintah ga takut ama intervensi dan dukung penuh industri strategis nasional, entah udh berapa pesawat yg berhasil dibuat PT DI

Tinggalkan Balasan