Pesawat Su-57 dan Su-35 Mulai Nampak di Turki

Ancaman embargo pesawat tempur dari Amerika Serikat (AS) untuk Turki dibaca sebagai peluang oleh Rusia untuk memasok pesawat tempur andalan ke Istanbul.

Turki sendiri sudah ancang-ancang membeli kedua pesawat itu jika pesanan F-35 dari AS dibatalkan.

United Aircraft Corporation (UAC) Rusia mengatakan kedua jenis jet tempur Moskow itu diterbangkan ke Turki untuk ditampilkan di festival teknologi, Technofest 2019, yang akan diadakan di Istanbul pada 17 hingga 22 September.

“Jet tempur multifungsi Sukhoi Su-35 telah tiba di bandara Ataturk Turki untuk mengambil bagian dalam pameran Technofest,” kata perusahaan tersebut melalui juru bicaranya kepada kantor berita TASS.

Menurut sumber industri pesawat Rusia, pesawat MC-21, SSJ-100 dan pesawat amfibi Be-200 juga akan ambil bagian dalam pameran.

Jet tempur Su-35 dan Su-57 menjadi produk militer andalan Presiden Rusia Vladimir Putin yang ditawarkan kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sebagai alternatif pengganti jet tempur F-35 Amerika Serikat (AS).

Washington telah menghentikan pengiriman F-35 pesanan Ankara setelah Erdogan nekat membeli sistem pertahanan rudal S-400 Moskow. Tak hanya itu, Washington juga mengeluarkan Ankara dari program konsorsium bersama F-35.

Sumber : Sindonews.com

Baca Juga:  Duterte Serang Amerika Karena Dilarang Beli Kapal Selam Rusia

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan