Pesawat Tempur Gripen E Segera Masuk AU Swedia

Kepala Staf Angkatan Udara Swedia baru-baru ini mengumumkan bahwa Skaraborg Air Force Wing (F7) akan menjadi yang pertama di Angkatan Udara Swedia yang menerima Gripen E. Tes dan persiapan penerbangan sedang berlangsung secara paralel di Angkatan Udara Swedia dan di Saab untuk membuat pengenalan pesawat seefektif dan semulus mungkin.

Dari tiga lokasi, baik di Swedia dan Brasil, Saab bersama dengan pelanggan Swedia dan Brasil, melakukan uji terbang dengan Gripen E. Program uji berjalan sesuai rencana dan bergerak dengan kecepatan penuh. Sebelum tahun ini berakhir, fase pengiriman pesawat Gripen E pertama, empat ke Brasil dan dua ke Swedia, akan dimulai. Tahap pengiriman mencakup banyak kegiatan seperti pengiriman, kegiatan sertifikasi akhir serta kegiatan serah terima dengan pihak berwenang dan pelanggan. Gripen E pertama akan tiba di Skaraborg Air Force Wing (F7) pada tahun 2025.

“Dalam lingkungan geopolitik yang memburuk, Angkatan Udara harus tetap relevan dalam pertahanan udara Swedia di masa depan, Jas 39 E Gripen berarti peningkatan kemampuan dan memastikan hal ini. Kami sudah hebat sekarang dan dengan Gripen E kami akan menjadi lebih baik lagi, menciptakan masalah militer bagi musuh. Kami hanya menjadi lebih tajam dan lebih berbahaya,” kata Carl-Johan Edström, Kepala Angkatan Udara Swedia, pada pengumuman tersebut.

Dengan pengiriman semakin dekat dan semakin dekat dan flight envelope terus berkembang, tes penerbangan berada dalam fase intens dengan sembilan pesawat siap dan lebih banyak lagi yang akan datang sebelum akhir tahun. Saat ini pengujian dengan konfigurasi yang berbeda sedang dilakukan dengan pesawat uji dan Gripen E yang diproduksi secara serial, misalnya konfigurasi udara-ke-udara yang berbeda dan konfigurasi serangan dan pengintaian yang lebih berat berikutnya. Secara paralel, tes dengan sistem taktis diberikan prioritas yang lebih tinggi dan lebih tinggi. Selain pengujian dengan sensor individu, terutama berfokus pada radar dan sistem EW, kolaborasi dan perpaduan antara semua sensor, pendukung keputusan, dan presentasi juga diuji. Selanjutnya juga akan ada pekerjaan intensif untuk memverifikasi senjata dan muatan eksternal, yang akan melibatkan sejumlah kampanye uji coba tahunan di Vidsel Test Range di bagian utara Swedia.

Baca Juga:  Xi Jinping Dari Gubernur, Presiden Hingga Menjadi Kaisar Sampai Mati

“Pengumuman Skaraborg Air Force Wing (F7) sebagai sayap yang akan memperkenalkan Gripen E ke Angkatan Udara terasa seru. Ini adalah bukti bahwa kita semakin dekat ke tahap pengiriman. Berkat upaya luar biasa dari semua karyawan di Saab dan kolaborasi yang sangat baik dengan pelanggan kami, kami sekarang memiliki platform yang stabil dan produk yang matang,” kata Jonas Hjelm, Senior Vice President & Head of Aeronautics.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan