Pesawat Tempur Skakmat Rusia Diklaim Setara F-35

Rusia pada Selasa (20/7) secara resmi meluncurkan jet tempur siluman terbaru dengan nama Checkmate atau Skakmate buatan Sukhoi.

Pesawat ini diklaim akan menjadi lawan yang sepadan dengan jet tempur siluman F-35 buatan AS. Selain kemampauanya menghindari radar,
Skakmat diklaim mampu menyerang enam target secara bersamaan.

Selama pengembangan, Rusia benar-benar merahasiakan si pesawat ini sampai hari lahirnya tiba untuk perkenalan di ajang MAKS Show 2021.

Seperti dilaporkan Moscow Times, jet tempur ini dijuluki “The Checkmate” kali pertama ditunjukkan ke Presiden Vladimir Putin, dia langsung bilang “puas’

Jet ini dikembangkan oleh raksasa pertahanan teknologi Rostec dan United Aircraft Corporation Rusia dan siap diproduksi masal tahun 2026.

“Tugas kami agar pesawat ini diproduksi massal kepada pelanggan mulai 2026,” kata direktur umum United Aircraft Corporation Yury Slyusar.

Rostec menggambarkan pesawat itu sebagai jet tempur ringan bermesin tunggal generasi kelima yang menggabungkan “solusi inovatif” termasuk kecerdasan buatan. Jet dapat menyerang hingga enam target secara bersamaan di darat, udara atau laut, “bahkan dalam kondisi gangguan elektronik yang kuat,” jelas Rostec.

Digadang-gadang jet ini banderol harga antara US$25-30 juta (21-25 juta euro), ia akan dapat membawa drone dan meluncurkan saat terbang.

Baca Juga:  Drone MQ-25 Stingray Sukses Ngisi Bahan Bakar Pesawat Hawkeye Di Langit

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan