Pesawat Yak-130 Pesanan Vietnam Dalam Proses Produksi

Rusia gerak cepat dalam memenuhi pesanan Vietnam, yaitu 12 unit pesawat latih tempur Yak-130. Kontrak pembelian disepakati kedua negara pada Januari 2020. Dan diharapkan unit pertama akan dikirim pada Januari 2021.

Vietnam akan menjadi negara ke-6 yang membeli Yak-130 dari Rusia. Pesawat latih canggih ini sebelumnya dijual ke Aljazair, Bangladesh, Myanmar, Laos dan Belarusia.

Walau dilanda pandemi Covid-19, proses produksi pesawat tersebut tetap jalan.

Perusahaan Ekspor dan Impor Senjata Negara Rusia Rosoboronexport dan Badan Kerjasama Pertahanan Federal belum mengomentari informasi tentang Vietnam yang memesan Yak-130.

Namun, baru-baru ini dalam sebuah laporan yang diterbitkan di saluran TV Rusia 1 pada kesempatan kunjungan Menteri Pertahanan Rusia – Jenderal Sergei Shoigu ke kompleks Irkutsk, detail luar biasa muncul, yang merupakan foto pelatihan pesawat – melawan Yak- 130.

Berdasarkan gambar, kerangka tubuh Yak-130 di pabrik penerbangan Irkutsk diwarnai dengan bendera Vietnam, pesawat bertuliskan nomor pabrik 130.12.05-103. Dimana menurut penjelasannya 05 merupakan kode pelanggan, 103 merupakan nomor 3 di lot produksi, angka 12 dapat diartikan sebagai jumlah total pesawat yang akan diproduksi untuk rekanan.

Jadi, ini adalah pesawat Yak-130 ketiga di Vietnam, dua pesawat sebelumnya kemungkinan besar telah menyelesaikan sasis dan dilengkapi dengan sayap serta peralatan elektronik untuk melakukan uji terbang di pabrik sebelumnya. saat diserahkan secara resmi.

Baca Juga:  Relawan Papua Nugini Siap Gabung Dengan Teroris OPM Melawan Indonesia

Pembelian pesawat latih Yak-130 canggih dipandang sebagai langkah pertama bagi Angkatan Udara Vietnam untuk meningkatkan pemesanan pesawat tempur berperforma tinggi seperti Su-30SM juga dari Irkutsk, atau Su-35S dan Su-57 oleh KnAAPO.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan