Pindad Gandeng Nexter Prancis Guna Produksi Amunisi Tank 120MM Untuk TNI

PT Pindad dan Nexter menyepakati kerjasama dalam pengadaan amunisi tank 120 mm generasi terbaru untuk mendukung TNI Angkatan Darat dalam kegiatan pameran Eurosatory di Paris, Prancis pada 14 Juni 2022. Perjanjian yang ditandatangani antar kedua belah pihak ini memiliki penawaran melingkupi rangkaian lengkap amunisi tank 120 mm, termasuk SHARD APFSDS, High Explosive dan pelatihan. Nexter sebagai industri pertahanan terkemuka memiliki kompetensi untuk menciptakan desain dan produksi amunisi tank 120 mm yang kompatibel dengan semua Tank Tempur Utama yang dilengkapi dengan meriam smooth bore NATO 120 mm.

Amunisi generasi terbaru Nexter 120mm SHARD (photo : Nexter)

 

Perjanjian kerjasama tersebut juga dapat mendorong manufaktur lokal yang kuat untuk memperkuat kemampuan industri Indonesia. Penandatanganan kerja sama tersebut disaksikan oleh Kementerian Pertahanan RI dan Ditjen Perhubungan Udara Prancis.

“PT Pindad, salah satu industri pertahanan nasional Indonesia yang sedang berupaya melengkapi portofolio amunisi kaliber menengah hingga besar, tidak hanya amunisi kaliber kecil yang sudah diproduksi sejak tahun 1980-an. PT Pindad berkeinginan untuk menjalin kemitraan strategis dengan Nexter sebagai perusahaan global yang dikenal dengan produk-produk berkualitas tinggi dan memiliki portofolio lengkap untuk amunisi kaliber menengah hingga besar yang dapat memenuhi kebutuhan Angkatan Bersenjata Indonesia,” kata Abraham Mose, Direktur Utama PT Pindad.

Setelah penandatanganan Letter of Intent (LoI) ini, Executive Vice President Weapon and Ammunition Nexter, Dominique Guillet menyatakan: “Sebagai pemimpin Eropa dalam amunisi menengah dan besar, Nexter berkomitmen untuk membangun kemitraan jangka panjang dengan industri Indonesia untuk meningkatkan kualitas industri lokal berteknologi tinggi. Kerja sama kami dengan perusahaan sistem pertahanan darat terbesar di Indonesia, PT Pindad untuk rangkaian lengkap amunisi 120 mm adalah ilustrasi sempurna dari ambisi ini dan kami bangga dengan kesuksesan baru ini.”

Baca Juga:  Pasarkan Tank Medium, Pindad Ikut Lelang di Bangladesh dan Filipina

Langkah baru ini merupakan tahapan lanjutan dari penandatanganan Nota Kesepahaman di Indonesia pada bulan Februari lalu dihadapan Kementerian Pertahanana Prancis dan Indonesia, terkait kerja sama dalam bidang amunisi kaliber menengah dan besar.

Sumber: PT Pindad

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan