Prabowo Mau Beli 4 Pesawat Tempur Tahun 2021, Ini Kandidatnya

Menteri Pertahanan Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto Djojohadikusumo telah mengajukan anggaran sebesar Rp 129,3 triliun di tahun anggaran 2021.

Menurut berita yang dilansir CNBC Indonesia (1/7/2020), besarnya anggaran ini untuk mencapai target pembangunan di bidang pertahanan. Berdasarkan dokumen Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal Tahun 2021 yang bertajuk Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Reformasi.

Dari total anggaran tersebut, anggaran alokasi rupiah murni yang diajukan mencapai Rp 113,1 triliun. Sebagian alokasi ini akan ditujukan untuk penyelesaian proyek/kegiatan yang ditunda/terhambat akibat adanya pandemi Covid-19 di tahun anggaran 2020.

Di dalam dokumen disebutkan beberapa sasaran output strategis Kemenhan pada 2021, salah satunya dukungan pengadaan alat utama sistem senjata TNI (alutsista) sebanyak lima paket.

Lalu, dukungan pengadaan munisi kaliber kecil sebanyak 1 paket, dukungan pengadaan atau penggantian kendaraan tempur sebanyak 12 unit, hingga KRI, KAL, Alpung dan Ranpur/Rantis Matra Laut sebanyak 14 unit.

“Dukungan pengadaan/penggantian pesawat udara dan lainnya sebanyak 4 unit,” tulis dokumen tersebut.

Yang menjadi pertanyaan, siapakah yang akan dipilih dari 4 jenis pesawat yang selama ini dirumorkan. Yaitu: Sukhoi Su-35 atau Dassault Rafale dari Prancis atau F-16 dari AS. Bisa juga Eurofighter Thyphoon yang pernah mampir di Jakarta.

Baca Juga:  MLRS RM70 Vampire Batalyon Roket 2 Korps Marinir

4 Komentar

  1. Bismillah biar nga buat iri antara rusia dan amerika pilih dua duanya su.35 dan F.16 v sesudah itu baru kita fikirkan pengembangan radar terahertz ditanah air sebab radar kita masih jauh jumlah nya,selain itu perkuat dengan kapal c.235 MPA baru sekitar 5 unit

Tinggalkan Balasan