Presiden Joe Biden Tetap Lanjutkan Sanksi Untuk Turki

Presiden Baru Amerika Serikat, Joe Biden tidak akan mencabut larangan administrasi Trump pada Turki untuk membeli pesawat tempur siluman F-35, hukuman untuk pembelian sistem pertahanan udara Rusia oleh Ankara pada 2019, kata seorang pejabat senior Pentagon, Jumat.

“Turki sudah lama menjadi sekutu NATO dan dihargai, tetapi keputusan mereka untuk membeli S-400 tidak konsisten dengan komitmen Turki sebagai sekutu AS dan NATO,” kata Sekretaris Pers Pentagon John Kirby dalam jumpa pers Jumat sore.

“Posisi kami tidak berubah. S-400 tidak kompatibel dengan F-35 dan Turki telah ditangguhkan dari program itu. Kami mendesak Turki untuk tidak mempertahankan sistem S-400. ”

Sebagian besar bahasa yang digunakan Kirby identik dengan bagaimana pejabat Pentagon mencirikan keputusan untuk melarang Turki dari proyek bernilai miliaran dolar pada Juli 2019.

“Turki memiliki banyak peluang selama dekade terakhir untuk membeli sistem pertahanan Patriot dari Amerika Serikat dan sebaliknya memilih untuk membeli S-400, yang memberikan pendapatan, akses dan pengaruh bagi Rusia,” kata Kirby.

Pada bulan Desember, administrasi Trump memberi sanksi kepada Turki karena membeli sistem rudal tersebut.

Sumber: defenseone.com

Baca Juga:  Indonesia Dipercaya Pimpin Upaya Penghapusan Senjata Nuklir Dunia

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan