Presiden Korsel Ingin Negaranya Punya Nuklir Lagi

Lonjakan tes rudal nuklir Korea Utara dalam telah mendorong Korea Selatan untuk mengevaluasi kembali kemampuan pertahanannya, termasuk potensi pengembangan persenjataan nuklir.

Berbicara dari pengarahan kebijakan pertahanan Rabu, Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol mengatakan Seoul perlu mencari perubahan pada postur pertahanannya jika Pyongyang melanjutkan pengembangan senjata nuklirnya yang agresif dan ilegal.

“Mungkin saja jika masalahnya semakin parah, dan negara kita bisa memperkenalkan senjata nuklir taktis atau membangunnya sendiri,” kata Yoon menurut laporan minggu ini. “Jika itu masalahnya, kita dapat memiliki senjata nuklir kita sendiri dengan cepat, mengingat kemampuan ilmiah dan teknologi kita.”

Yoon mengatakan dia telah melakukan pembicaraan dengan AS untuk sekali lagi mempertimbangkan penempatan senjata nuklir AS di semenanjung selatan, yang akan membalikkan langkah yang diambil lebih dari 30 tahun lalu ketika AS menghapus semua kemampuan nuklir dari Korea Selatan pada tahun 1991.

“Kami telah melihat kesalahan perhitungan yang menyebabkan perang serius berkali-kali dalam sejarah,” kata Yoon kepada Associated Press minggu ini. “Diskusi sedang berlangsung mengenai apa yang disebut perencanaan bersama dan pelaksanaan bersama, dan saya pikir itu tepat bagi Korea Selatan dan Amerika Serikat untuk bekerja sama karena kita berdua terpapar ancaman nuklir Korea Utara.”

Baca Juga:  Kapal LMS Buatan China Kedua Segera Perkuat AL Malaysia