Presiden Ukraina: Rusia Ingin Mendikte Eropa dan Mengubah Tatanan Dunia

Ukraina membutuhkan senjata yang lebih canggih dan uang yang lebih banyak untuk mempertahankan diri melawan Rusia, kata Presiden Volodymyr Zelenskyy kepada para pemimpin NATO pada hari Rabu 29/06/2022,serta memperingatkan bahwa ambisi Vladimir Putin tidak akan berhenti di Ukraina.

Zelensky meminta bantuan biaya bulanan untuk Ukraina melawan invasi Rusia sekitar $5 miliar dollar per bulan.

“Ini bukan perang yang dilancarkan oleh Rusia hanya melawan Ukraina. Ini adalah perang untuk hak mendikte kondisi di Eropa – Rusia ingin mengubah tatanan dunia di masa depan,” katanya dalam pidato virtual di pertemuan puncak negara-negara Barat. aliansi pertahanan di Madrid.

“Itulah mengapa sangat penting Uni Eropa untuk mendukung Ukraina sekarang, dengan senjata, keuangan, dan sanksi politik terhadap Rusia, yang akan menghentikan kemampuan Moskow untuk membiayai perang.”

Zelenskyy mengatakan Ukraina membutuhkan rudal modern dan sistem pertahanan udara untuk melawan artileri Rusia.

“Dengan memberikannya kepada kami, Anda benar-benar dapat mematahkan taktik Rusia untuk menghancurkan kota-kota dan meneror warga sipil,” katanya.

Moskow menyebut tindakannya sebagai “operasi militer khusus” untuk melucuti senjata Ukraina dan menyingkirkan apa yang disebutnya nasionalisme anti-Rusia yang dikobarkan oleh Barat. Ukraina dan Barat mengatakan Rusia melancarkan perang agresi yang tidak beralasan.

Zelenskyy mengatakan Rusia tidak ingin berhenti mengambil wilayah Ukraina selatan atau wilayah Donbass di Ukraina timur, di mana pertempuran terberat perang sedang berlangsung.

Baca Juga:  Tewasnya Abdullah Saleh, Bikin Kondisi Yaman Makin Suram

“Ia ingin menyerap kota demi kota di Eropa, yang oleh kepemimpinan Rusia dianggap miliknya dan bukan negara merdeka. Ini adalah tujuan nyata Rusia,” katanya.

“Pertanyaannya adalah – siapa yang berikutnya untuk Rusia? Moldova? Negara-negara Baltik? Polandia? Jawabannya adalah semuanya.”

“Dukungan keuangan untuk Ukraina sekarang tidak kalah pentingnya dengan bantuan senjata,” katanya. “Kami membutuhkan sekitar $5 miliar per bulan – dan itu adalah hal mendasar. Inilah yang dibutuhkan untuk pertahanan, untuk keamanan.”

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan