Profil Jenderal Fachrul Razi Yang Jadi Menteri Agama

Salah satu kejutan di susunan kabinet Presiden Jokowi adalah munculnya nama Jenderal Fachrul Razi yang ditunjuk jadi Menteri Agama. Sosok non agamawan jadi menteri agama?

Berikut ini profil pak Menteri Agama yang baru. Facrhul Razi lahir di Banda Aceh, Provinsi Aceh pada 26 Juli 1947. Dia merupakan lulusan Akademi Militer pada 1970. Dia dikenal sebagai sosok yang berpengalaman dalam bidang Infanteri.

Karier militer politisi Partai Hanura itu terbilang cukup baik. Dia pernah ditunjuk sebagai Komandan Brigade Infanteri Lintas Udara 17 Kujang 1 Kostrad.

Jenderal (Purn) Fachrul Razi. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Setelah itu dia diangkat menjadi Wakil Asisten Operasi Kepala Satuan Angkatan Darat, dilanjutkan Kepala Staf Daerah Militer VII/Wirabuana, hingga Gubernur Akademi Militer.

Setelah menjadi Gubernur Akmil pada 1996 – 1997, dia dipindahtugaskan menjadi Asisten Operasi Kasum ABRI hingga 1998. Fachrul Razi juga sempat menjabat sebagai Kepala Staf Umum ABRI (1998 – 1999).

Pria yang pensiun dari kedinasan pada tahun 2000 ini sempat berada di pemerintahan sebagai Sekretaris Jenderal Departemen Pertahanan pada 1999. Tak lama berselang, dia ditunjuk sebagai Wakil Panglima TNI selama satu tahun mulai 1999 – 2000 di bawah Presiden Abdul Rahman Wahid.

Namun oleh Abdul Rahmad Wahid juga dia diberhentikan karena pemerintah saat itu menghilangkan jabatan Wakil Panglima TNI.

Fachrul Razi tercatat menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Central Proteina Prima (CP Prima) dan Komisaris Utama di PT Antam Tbk. sejak 2015. Selain itu, dia diketahui bekerja pada perusahaan milik Luhut Binsar Pandjaitan sebagai komisaris di PT Toba Sejahtera Group.

Baca Juga:  Korps Marinir Latihan Meriam AA 35mm Twin Gun dan Radar AF905FCS

Dia disebut sebagai salah satu dari puluhan jenderal yang menjadi tim sukses Jokowi pada pemilihan Presiden 2019 – 2024

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan