Proyek Sea Shadow Amerika Yang Dibatalkan

Proyek Sea Shadow atau Sea Shadow (IX-529) merupakan kapal siluman eksperimental dari Lockheed Martin untuk U.S Navy yang tujuannya menentukan bagaimana low radar profile dapat dicapai dan untuk menguji konfigurasi lambung stabilitas tinggi yang telah digunakan di kapal oseanografi. Sea Shadow dibangun pada tahun 1984 untuk menguji penerapan teknologi siluman pada kapal U.S Navy, dan digunakan secara rahasia hingga debut publiknya pada tahun 1993. Selain itu, kapal tersebut dirancang untuk menguji penggunaan otomatisasi level tinggi (Serba Otomatis) untuk mengurangi ukuran awak pada kapal.

Sea Shadow dibuat oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), U.S Navy dan Lockheed. Sea Shadow sendiri memiliki desain SWATH (small-waterplane-area twin hull) dimana dibawah air terendam kedua lambung kembar yang terpisah, masing masing memiliki baling baling kapal, stabilizer pada buritan dan hydrofoil. Desain SWATH membantu kapal tetap stabil di air kasar hingga Sea State 6 atau ketinggian ombak 5,5 meter, di dalam Sea Shadow juga tersedia 12 ranjang susun, satu oven microwave kecil, lemari es dan meja untuk para awak kapal. Sea Shadow pada dasarnya bukan diperuntukan misi militer, kapal ini hanyalah sebuah tempat eksperimen Lockheed Martin dan U.S Navy dalam kapal siluman.

Spesifikasi Sea Shadow :

• Bobot : 563 ton
• Panjang : 50 meter
• Tenaga : Disel-listrik
• Speed : 14 knot
• Awak : 4 kru

Baca Juga:  Jepang Gandeng Malaysia Bikin Pesawat Terbang

Sea Shadow akhirnya di scrap pada tahun 2012 lalu oleh U.S Navy di Bay Ship dimana kapal ini telah di pensiunkan pada 2006.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan