PT Republik Defence Kenalkan Drone Kamikaze Bramara dan Konta

Perusahaan lokal PT. Republik Defence (anggota dari Republikorp) belum lama ini telah merilis seri senjata pesawat tanpa awak atau drone yang di beri nama BRAMARA Series (yang artinya “lebah” dalam Sansekerta) dan KONTA (berasal dari nama senjata yang digunakan oleh Karna).

Senjata pintar yang berbasiskan drone ini dapat diluncurkan oleh tabung gas dan digendong oleh seorang prajurit saja, serta memiliki berat kurang dari 20 kilogram. Senjata nirawak ini dapat terbang selama 30 menit dengan jarak jelajah 10 kilometer, dan memiliki daya ledak TNT hingga 2 kilogram.

Dua drone canggih buatan industri pertahanan (Inhan) dalam negeri itu sempat diperkenalkan secara langsung pada pameran Indo Defence 2022 Forum & Expo yang diselenggarakan awal November lalu.

Republik Defence memperkenalkan enam jenis pesawat nirawak yang bersenjata seperti KONTA 10/30/50. BRAMARA SERIES HE, 5.56 mm dan logistik.

Pendiri PT. Republik Defence Norman Joesoef mengatakan, inovasi ini didasarkan pada pembelajaran lapangan atas apa yang sedang terjadi di medan pertempuran Ukraina sekarang. Menurutnya, perang yang sedang terjadi juga membuktikan bahwa disrupsi dapat juga terjadi pada teknologi persenjataan. Penggunaan drone bersenjata menjadi bukti nyata bahwa teknologi dapat mengubah lanskap pertempuran. Sumber: viva.co.id

Baca Juga:  2 Anggota OPM Tewas Setelah Baku Tembak dengan Aparat TNI Polri