Radar Nebo Rusia Diklaim Bisa Deteki Pesawat F-22 Raptor dan Rudal Hipersonik

Rusia berambisi untuk mematahkan teknologi siluman Amerika Serikat yang disematkan pada pesawat F-22 Raptor.

Salah satu sistem radar yang diklaim bisa melakukanua adalah sistem radar Nebo-M 3-D.Radar ini merupakan radar baru hasil pengembangan dari keluarga radar pengawas udara bergerak 2D dan 3D Frekuensi Sangat Tinggi (VHF) Nebo. Radar Nebo-M secara otomatis dapat berinteraksi dengan sistem pertahanan udara S-400 maupun S-300V4

Selai dapat mendeteksi pesawat dan rudal balistik pada jarak seribu kilometer. Radar Nebo-M dapat mendeteksi target di ketinggian sedang dan tinggi.

Radar Nebo-M dalam mode pemindaian melingkar, mampu melacak hingga 200 target aerodinamis termasuk rudal hipersonik pada jarak dan ketinggian hingga 600 km. Dalam mode pemindaian sektor, Nebo-M dapat melacak hingga 20 target balistik pada jarak hingga 1.800 km dan pada ketinggian hingga 1.200 km.

Radar Nebo-M menyatukan tiga radar independen yang dibawa oleh kendaraan terpisah yang beroperasi dalam pita sentimeter, desimeter, dan meteran, dimana radar dapat beroperasi sendiri dan bersama-sama. Radar Nebo-M memiliki kemampuan mendeteksi F-22 Raptor dan F-35 Lightning II dari jarak 600 km.

Radar Nebo-M pernah dikirim ke pertahanan udara Krimea pada 2018. Dimana Nebo-M dapat dipindahkan dengan cepat karena dapat dikirim melalui darat atau pengangkut udara.

Baca Juga:  Rusia Memusnahkan Stok Sisa Senjata Kimia Terakhirnya

Channel Militermeter

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan