Resmi! Vietnam Dukung Amerika Serikat di Laut China Selatan

Bukan kejutan jika Vietnam akhirnya memilih mendukung kehadiran Amerika Serikat di Laut China Selatan. Meski sama-sama negara berhaluan Komunis, hubungan China dan Vietnam tak pernah akur.

“Kami menyambut baik kontribusi Amerika Serikat yang konstruktif dan responsif terhadap upaya ASEAN untuk menjaga perdamaian, stabilitas dan perkembangan di Laut China Selatan,” kata Menteri Luar Negeri Vietnam Pham Binh Minh pada Kamis (10 September) dalam pertemuan virtual antara perwakilan dari 10 negara.

Sokongan ini sekaligus juga membantah Beijing bahwa pasukan Amerika telah membuat kawasan itu tidak stabil.

Negara negara Asia Tenggara sangat terbuka peluang kerjasama dengan Amerika Serikat di Laut Cina Selatan, kata Minh.

Pada pertemuan virtual sehari sebelumnya, Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi mengatakan kepada para Menteri luar negeri Asia Tenggara bahwa Amerika Serikat campur tangan dalam perselisihan teritorial dan memperkuat penempatan militernya di wilayah yang diperebutkan “untuk tujuan politiknya sendiri”. Dia menyebut Amerika Serikat sebagai “pendorong militerisasi terbesar di Laut China Selatan”, menurut pernyataan yang diposting oleh Kementerian Luar Negeri Tiongkok.

Menteri Luar Negeri Vietnam mengatakan justru sebaliknya bahwa Tiongkok adalah pengganggu sebebarnya, dengan manuver klaim ekspansif Beijing terhadap teritorial maritim beberapa negara ASEAN. Tiongkok juga melanggar putusan pengadilan internasional 2016 yang dianggap tak sah atas semua klaimnya dan diharuskan keluar dari kepulauan di Laut Cina Selatan, ditambah beberapa waktu lalu Tiongkok melakukan ujicoba rudal di Laut Cina Selatan.

Baca Juga:  Prototipe Kedua Drone Tempur Akinci Buatan Turki-Ukraina Akan Segera Diuji

https://www.straitstimes.com/asia/se-asia/vietnam-backs-us-role-in-south-china-sea-rebuffing-beijing-at-asean-meeting

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan