Rudal JAGM Dipilih Inggris Jadi Senjata Baru Helikopter Apache

Inggris telah memilih Lockheed Martin AGM-179 Joint Air-to-Ground Missile (JAGM) untuk mempersenjatai Helikopter Boeing AH-64E Apache Guardian. Total akan ada 50 unit Apache milik Inggris yang akan menggunakam rudal ini.

Keputusan ini cukup mengejutkan karena sebelumnya ada rencana bahwa si Apache akan menggendong rudal MBDA Brimstone buatan Inggris. Tapi kok ternyata hasil akhir malah milih produk impor dari AS.

“JAGM untuk Helikopter Serangan Masa Depan AH-64E baru telah dipilih. Rudal ini dirancang untuk penggunaan helikopter dan sudah terintegrasi di dalam pesawat, simulator, dan sistem perencanaan misi. Selain JAGM, rudal Hellfire K1 [AGM-114K1] dan Hellfire Romeo [AGM-114R] juga akan sepenuhnya memenuhi syarat dan terintegrasi ke dalam pesawat”, kata Menteri Negara Pengadaan Pertahanan Jeremy Quin menjawab pertanyaan Parlemen Inggris.

Pernyataan menteri itu muncul tiga bulan setelah Janes pertama kali melaporkan bahwa Inggris telah dimasukkan dalam kontrak Departemen Pertahanan AS (DoD) untuk sejumlah rudal JAGM yang dirahasiakan.

Baca Juga:  Amerika Terus Pasok Senjata Terbaru ke Taiwan, China Meradang

Channel Militermeter

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan