Rudal Javelin Ukraina Bukti Keterlibatan AS di Konflik Donbass

Gambar Rudal Javelin

Retorika agresif Ukraina tentang alasan penggunaan sistem rudal anti-tank Javelin buatan Amerika di Donbass, serta tuduhan hoax rencana invasi Rusia, meningkatkan eskalasi konflik di Donbass, wilayah timur negara itu.

Kyrylo Budanov, kepala dinas intelijen militer Ukraina, memamerkan bahwa pasukanya telah menggunakan sistem rudal Javelin bantuan dari Amerika di Donbass untuk pertama kalinya. Ini adalah bukti lebih lanjut bahwa perjanjian Minsk, yang sangat penting untuk mengatur krisis dan gencatan senjata di Donbass telah dilanggar.

Budanov mengklaim bahwa sistem Javelin juga digunakan untuk melawan pasukan Rusia. Dia mengklaim bahwa pasukan pemberontak dari Republik Rakyat Donest dan Luhansk telah mendapat bantuan militer dari Moskow baik dalam bentuk senjata maupun personel pasukan.

Selain senjata dari Amerika Serikat, dia juga mengakui menggunakan drone Bayraktar buatan Turki yang akan menjadi faktor penting dalam mengekang pasukan pertahanan di Donbass. Pada saat yang sama, ia percaya bahwa Ukraina akan membutuhkan dukungan Amerika dan mendesak Washington untuk memberikan bantuan lebih besar sesegera mungkin.

Ini adalah provokasi terbuka oleh Ukraina. Fakta bahwa militer Ukraina dipersenjatai dengan sistem Javelin menciptakan kondisi untuk melakukan provokasi terhadap pasukan pertahanan Donbass. Penggunaan senjata anti-tank memungkinkan penghancuran tidak hanya target lapis baja bergerak, tetapi juga peralatan militer lainnya. Faktanya, dengan memiliki sistem misil seperti itu, Ukraina mungkin akan berani menggunakan senjata yang lebih kuat untuk melawan republik Donbass.

Baca Juga:  Buka Medan Perang Baru, AS Sedang Membidik Iran?

Pengumuman pejabat Ukraina tentang penggunaan sistem Amerika di Donbass merupakan upaya Kiev untuk menunjukkan kekuatannya, untuk menunjukkan dukungan Barat dan pada saat yang sama mencoba untuk memprovokasi reaksi dan pembalasan dari Moskow. Kiev, bersama dengan mitra Baratnya, sebenarnya menciptakan suasana permusuhan untuk mengantisipasi potensi konflik, sehingga menciptakan situasi yang eksplosif.

Sistem rudal Javelin sangat mahal dan tidak setiap negara dapat membelinya. Meskipun demikian, penggunaannya menunjukkan sejauh mana bantuan militer langsung Amerika ke Ukraina.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan