Rudal THAAD Sukses Mencegat Sasaran ke-16 dengan Remote Launch Untuk Pertama Kalinya

Pada pagi hari tanggal 30 Agustus 2019, personnel US Army dari E-62 Battery, 11th Air Defense Artillery Brigade beserta U.S. Missile Defense Agency dan Ballistic Missile Defense System Operational Test Agency melaksanakan ujicoba pencegatan misil balistik menggunakan sistem Terminal High Altitude Area Defense (THAAD).

Indikasi awal menunjukkan bahwa flight test objective yang direncanakan berhasil terpenuhi, serta sasaran MRBM berhasil dicegat. Suksesnya pencegatan sasaran dalam ujicoba terbaru ini merupakan ke-16 kalinya THAAD sukses mencegat sasaran dari 16 ujicoba yang telah dilakukan.

Namun yang spesial dari ujicoba Flight Test THAAD (FTT)-23 ini bukanlah dalam aspek pencegatan sasaran sendiri, melainkan dari metode peluncuran interceptor. Ini adalah pertama kalinya THAAD diluncurkan dengan remote launcher kit yang dikembangkan pemerintah, untuk memperluas jarak area yang dipertahankan.

Tentara dari E-62 Battery melakukan operasi radar, peluncur dan operasi fire control menggunakan prosedur yang juga akan digunakan dalam pertempuran. Dengan skenario real-world yang dibuat se-realistis mungkin, tentara tidak mengetahui target-launch timing.

Peluncuran dengan remote launcher kit ini meningkatkan battlespace dan mencapai layered approach untuk regional ballistic missile defense. US Army juga sedang mengintegrasikan Patriot dengan THAAD untuk memenuhi kebutuhan operasional yang urgent di kawasan Korea. Usaha integrasi ini memakai prinsip decoupling antara peluncur dan radar yang serupa, sehingga operator bisa memakai radar THAAD dengan jarak jangkau yang lebih jauh dari radar Patriot, namun meluncurkan interceptor Patriot tergantung ancaman yang dihadapi. Penggunaan radar THAAD untuk Patriot juga akan memaksimalkan kapabilitas interceptor Patriot Advanced Capability-3 Missile Segment Enhancement (PAC-3 MSE), yang performanya melebihi radar organik Patriot.

Baca Juga:  Pesawat Latih Hürkus-B Turki Terbang Perdana

Sumber:

-Hex Lighting II Chan

https://www.dvidshub.net/news/337999/thaad-system-successfully-intercepts-target-missile-defense-flight-test?platform=hootsuite

https://www.defensenews.com/land/2019/08/30/first-remotely-launched-terminal-missile-defense-test-deemed-a-success/#.XWk7I7b14Eg.twitter

1 Komentar

Tinggalkan Balasan