Rusia Konfirmasi Pesanan 76 Pesawat Siluman Su-57

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Selasa lalu (28/07) mengumumkan pembelian 76 pesawat Su-57 terbaru oleh Kementerian Pertahanan Rusia, yang akan mulai beroperasi pada tiga resimen penerbangan pada tahun 2028.

Vladimir Putin mengumumkan kesiapan militer untuk membeli sejumlah besar pesawat baru pada pertemuan pengembangan penerbangan militer yang diadakan di Sochi.

Dia menyebutkan bahwa pada 2013-2018, pasukan Rusia menerima lebih dari seribu pesawat dan helikopter baru dan modern; sebagai hasilnya, 65% dari armada pesawat Angkatan Udara Rusia telah dimodernisasi.

Kontrak tersebut diperkirakan mencapai nilai 170 miliar rubel (sekitar $ 2,4 miliar), yang menjadikannya sebagai kontrak yang terbesar dalam sejarah penerbangan Rusia dan menjamin beban kerja yang penuh untuk pabrik pesawat Komsomolsk-on-Amur selama setidaknya satu dekade.

Perjanjian tersebut ditandatangani di hadapan Presiden Putin di acara pameran kedirgantaraan MAKS.

Su-57 adalah penerus dari Sukhoi Su-27. Su-57 diberi kode Felon oleh NATO.

Angka 5 berarti bahwa pesawat ini adalah generasi ke-5 sedangkan 7 adalah keberuntungan dalam mitologi Rusia.

Pesawat ini telah dikembangkan sejak 2002 dan baru akan mulai diproduksi massal di akhir tahun 2020. Tapi militer Rusia sudah memiliki 10 unit prototipe dan telah dikerahkan ke Suriah.

Pada Mei 2020, rombongan pesawat ini diterbangkan ke Suriah dari Rusia dengan melewati 6 pangkalan militer Amerika Serikat tanpa terdeteksi.

Baca Juga:  Trump Sahkan RUU Pemblokir Pengiriman Pesawat F-35 ke Turki

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan