Rusia Mengekspor Gandum Dari Wilayah Ukraina Yang Dikuasainya

Administrasi pro-Moskow di wilayah tenggara Ukraina Zaporizhzhya, yang sebagian diduduki oleh pasukan Rusia, mengatakan mengekspor biji-bijian dalam skala besar.

“Lebih dari 100 kontainer telah dikirim, kontrak lain untuk 150.000 ton telah ditandatangani dengan pedagang gandum bulir,” Yevhen Balytskyi, kepala administrasi militer, menulis di saluran Telegramnya pada hari Sabtu.

Dia tidak mengatakan ke mana tujuan pengiriman, tetapi mereka hanya dapat diangkut ke Krimea atau Rusia dengan kereta api. Ukraina menuduh Rusia mencuri gandum selama berbulan-bulan. Moskow membantahnya.

Satu kontainer dapat mengangkut hingga 70 ton biji-bijian, menurut pihak Ukraina. Menurut Balytskyi, Moskow juga berencana untuk mengirimkan sekitar 100.000 ton gandum dari pelabuhan Berdyansk, Ukraina selatan, yang diduduki pasukan Rusia tak lama setelah menginvasi Ukraina pada akhir Februari.

Sebelum perang, Ukraina adalah salah satu pengekspor gandum terbesar di dunia. Menurut Kyiv, lebih dari 20 juta ton gandum terjebak di negara itu karena invasi Rusia dan blokade pelabuhan lautnya.

Baca Juga:  Rusia Ingin Membagi Ukraina Jadi Dua Seperti Korea

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan