Rusia Siap Pasok Tank Armata Ke Vietnam

Vietnam benar-benar jadi anak emas Rusia. Wajar sih, negeri Paman Ho itu adalah pelanggan setia alutsista sejak zaman Uni Soviet.

Dilansir oleh Baomoi (26/08/2020) CEO Rosoboronexport Alexander Mikheyev mengumumkan bahwa tank tempur terbaru Rusia yaitu T 14 Armata siap untuk diekspor ke Negara-negara sahabat diantaranya India, Mesir, Vietnam, Aljazair dan Belarusia.

Status Tank T 14 Armata sendiri saat ini siap diekspor setelah pada bulan April 2020 lalu tank paling canggih saat ini sudah selesai uji coba di perang Suriah.

“Tank T-14 Armata digunakan di Suriah. Mereka digunakan dalam kondisi lapangan, di Suriah, jadi, kami memperhitungkan semua nuansa,” ungkap Menteri Perdagangan Rusia Denis Manturov pada bulan April 2020.

Tank Armata T-14 akan menggantikan tank lama Rusia T-72 dan T-80.

Meskipun masuk kelas MBT, Tank ini punya bobot yang ringan hanya seberat 48 ton dengan berbagai fitur yang sangat canggih seperti penggunaan turret yang dapat menampung berbagai antenna komunikasi satelit berbasis GLONAS, data link serta antenna komunikasi.

Sebagai “benteng baja” T 14 Armata didesain untuk tahan dari terjangan peluru MBT lain ataupun RPG,rudal anti tank (ATGM) serta pecahan artileri (Shrapnel). Tinggi Tank T 14 Armata juga rendah sehingga dapat menyulitkan lawan untuk membidik Armata pada bagian vitalnya.

Kemampuan proteksi tank Armata juga meningkat secara drastis karena dilengkapi juga sistem perlindungan Nuklir, Biologi dan Kimia (NBC) serta penggunaan sistem perlindungan aktif (APS) Afghanit yang dapat menetralisir ancaman rudal anti tank (ATGM) dan RPG.

Baca Juga:  Terbukti Lakukan Pembantaian Etnis Rohingya, Amerika Jatuhkan Sanksi Pada Myanmar

Untuk persenjataan T-14 Armata dilengkapi dengan turret tak berawak dengan meriam smoothbore 125mm 2A82-1M (D-81TM) yang dilengkapi dengan auto loader untuk mempermudah kerja awak. Turret membawa total 45 butir amunisi berbagai jenis seperti High Explosive Anti Tank (HEAT) dan AFPSDS, termasuk amunisi siap pakai. Kanon 2A82-1M juga dapat menembakkan rudal anti tank berpemandu laser 9M119 Refleks.

persenjataan lain yang melengkapi Armata adalah RCWS Kord Kaliber 12,7 mm dan senapan koaksial PKTM kaliber 7,62 mm. Sebagai informasi kedepan Kanon 2A82-1M kaliber 125 mm akan digantikan oleh kanon 2A83 kaliber 152 mm yang akan membuat T 14 Armata sebagai tank terkuat di dunia.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan