Rusia Tangkap Penyelundup Suku Cadang Pesawat MiG-29 ke Korea Utara

Dilansir oleh Kommersant (8/8/2020) Pengusaha kelas atas Rusia, Vladimir Lyubishin dan Konstantin Moskal ditangkap oleh Dinas Rahasia Rusia (FSB) dengan tuduhan telah menyelundupkan suku cadang pesawat tempur Mig 29 dengan tujuan Korea Utara.

Hal ini juga menjadi jawaban dari pertanyaan selama ini, darimana Korea Utara mendapatkan suku cadang alutsista buatan Uni Soviet yang banyak digunakanya. Sebagai informasi, Mig-29 menjadi pesawat tempur paling canggih milik Korut dan menjadi tulang punggung AU-nya.

AU Korut memiliki 35 unit Mig 29 Fulcrum yang terdiri atas Mig 29B, Mig 29S dan Mig 29UB, pesawat tempur superioritas udara ini berpangkalan di Lanud Sunchon, Pyongyang yang merupakan rumah dari Divisi Tempur Udara Skadron ke-1 dengan Unit 1017, Resimen Udara ke-57.

Dalam dakwaanya, dua pengusaha ini terbukti menyelundupkan suku cadang Mig 29 antara lain sistem informasi vertikal, pitch dan heading dari saluran utama dan cadangan sistem navigasi pesawat tempur; kotak kontrol KU-1000 / 1500M, digunakan untuk memberikan tenaga ke pesawat militer; regulator pompa bahan bakar NR-59A untuk mesin RD-33 pesawat tempur MiG-29, serta tiga busi keramik SP-51P untuk mesin pesawat turbojet.

Baca Juga:  Pesawat Tempur J-10 China Kini Pakai Thrust Vectoring Control

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan