Rusia Tangkap Rudal David Sling Milik Israel, Amerika Minta Untuk Dibalikin

Rusia dilaporkan mendapat sebuah Rudal David Sling dari tentara Suriah. Rudal interseptor/pencegat buatan dan milik Israel.

Temuan rudal David Sling dalam kondisi lumayan utuh ini bisa jadi bahan observasi sangat menguntungkan bagi Moskow.

Menurut laporan situs berita China, SINA pada hari Sabtu pekan lalu, rudal pencegat Zionis mendarat utuh di Suriah dan dengan cepat diambil oleh pasukan militer Damaskus.

Sistem pertahanan Israel menembakkan dua rudal untuk memburu rudal-rudal yang diluncurkan Suriah.

Ternyata, rudal-rudal Suriah tidak menuju ke wilayah Israel tapi menyasar sasaran pemberontak di wilayah Suriah sendiri.

Satu rudal berhasil diledakkan dari markas komando Israel namun satu rudal lagi gagal diledakkan dan mendarat setelah kehabisan daya dorong propelan.

Situs berita menyatakan rudal dari sistem pertahana David Sling telah diserahkan kepada militer Rusia yang selama ini membantu rezim Presiden Bashar al-Assad dalam perang saudara Suriah. Rudal itu akhirnya dibawa ke Moskow untuk dipelajari.

Masih menurut laporan SINA yang dikutip Times of Israel, Rabu (6/11/2019), Israel dan Amerika Serikat telah meminta Rusia untuk mengembalikan rudal pencegat tersebut. Laporan itu belum dikonfirmasi oleh militer Moskow. Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan bahwa mereka tidak mengomentari laporan asing.

IDF membela penempatan rudal pencegat pada saat itu, dengan mengatakan bahwa pasukannya telah bertindak dengan benar mengingat jumlah waktu yang singkat untuk bertindak.

Baca Juga:  Rayu Negara ASEAN, China Ingin Gelar Latihan Militer Bersama

Sistem David Sling dirancang untuk menangani rudal yang datang dari jarak 40 kilometer (24,85 mil) hingga 300 kilometer (186,41 mil) jauhnya. Sistem itu membentuk tingkat menengah dari susunan pertahanan udara canggih Israel.

David Sling, yang dinyatakan operasional pada April 2017, dikembangkan dalam proyek bersama oleh Organisasi Pertahanan Rudal Israel dan Badan Pertahanan Rudal Departemen Pertahanan AS. Sistem ini dimaksudkan untuk menggantikan sistem rudal Patriot di gudang senjata Israel.

Sumber: sindonews.com

1 Komentar

  1. Amerika minta balikin? Nanti dalam bentuk terpisah sama kaya mig 25. S300 Su27 mig21 yg ada di amerika bagaimana? Mimpi kali rusia bisa lembek ke amerika.

Tinggalkan Balasan