Rusia Tawarkan MiG-35 Pada Malaysia, Enggak Kapok Ya Pakai MiG-29?

Rusia ikut menawarkan pesawat tempur MiG-35 untuk program pengadaan pesawat tempur ringan AU Malaysia. Pesawat ini akan bersaing dengan LCA Mk1A Tejas India, JF-17 Pakistan-Cina, Dassault Rafale Prancis, dan F-16 Viper Amerika Serikat.

Angkatan Udara Kerajaan Malaysia (RMAF) telah meluncurkan Request for Proposal (RFP) awal tahun ini ke berbagai produsen di seluruh dunia untuk 18 pesawat tempur baru (Fighter Lead In Trainer-Light Combat Aircraft, atau FLIR-LCA) untuk menggantikan pesawat MiG-29 yang sudah digrounded. Kerajaan Malaysia mengatakan bahwa batas waktu untuk pengajuan proposal adalah 22 September 2021.

MiG-29 Malaysia dibeli diawal dekade tahun 1990an untuk menyaingi daya gentar F-16 milik Indonesia yang dibeli di jangka waktu bersamaan.

Namun MiG-29 Malaysia kesulitan suku cadang dan dipensiunkan tahun 2018. Beberapa pesawat masih bisa terbang namun hanya untuk acara seremonial saja.

Sedangkan F16 milik Indonesia, dengan usia yang sama masih bisa terbang dan malah mendapat program upgrade dari Amerika Serikat.

Baca Juga:  Uni Emirat Arab Aktifkan Reaktor Nuklir Pertama di Jazirah Arab

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan