S-500 Diklaim Mampu Tembus Ruang Angkasa

Rusia mengklaim sistem pertahanan rudal S-500 mampu melenyapkan senjata hipersonik dan satelit pada orbit rendah Bumi. S-500 juga diklaim sebagai sistem pertahanan yang mampu mendeteksi ancaman di ruang angkasa.

Komandan Pasukan Aerospace Rusia, Sergey Surovkin mengatakan S-500 sebenarnya didesain untuk melumpuhkan rudal balistik jarak menengah. Namun, ia juga dapat menjatuhkan hulu ledak rudal antarbenua, pesawat tempur, drone dan benda terbang lainya termasuk senjata dan satelit hipersonik di orbit rendah Bumi.

“Karakteristik sistem (S-500) juga memungkinkannya menghancurkan senjata hipersonik dari semua modifikasi, termasuk di dekat ruang angkasa,” katanya, yang dilansir Russia Today, Jumat (3/7/2020).

“S-500 dapat dikaitkan dengan generasi pertama sistem pertahanan ruang angkasa, karena di masa depan ia akan dapat menghancurkan satelit orbit rendah dan senjata ruang angkasa lainya,” imbuh dia.

S-500 Prometey, sistem gabungan rudal balistik surface-to-air dan anti-balistik, berhasil diuji coba pada tahun 2019. Senjata pertahanan ini diharapkan siap untuk dikirim ke unit militer Rusia tahun ini.

Baca Juga:  Pesawat Patroli P-8A Poseidon Australia Sukses Tembakkan Rudal Harpoon

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan