Salah Tembak, Pesawat MiG-29 Ukraina Jatuh

Pasukan Ukraina telah menembak jatuh salah satu jet tempur MiG-29 mereka sendiri di atas wilayah Republik Rakyat Donetsk, Wakil Ketua Komite Pertahanan Rusia mengungkapkan pada 8 Januari.

Dmitry Sablin, yang secara permanen hadir di zona operasi militer khusus, mengatakan di saluran Telegram resminya bahwa jet tempur Ukraina ditembak jatuh dengan sistem pertahanan udara jarak pendek 9K33 Osa di dekat kota Kurakhovo.

“Sistem pertahanan udara rudal Osa Ukraina menjatuhkan miliknya sendiri, MiG-29 Ukraina. Kami hanya terlibat sedikit, ”kata anggota parlemen senior itu.

Sebuah foto yang menunjukkan puing-puing MiG-29 yang jatuh, yang dicat dengan warna bendera Ukraina, muncul secara online pada 7 Januari. Jet tempur itu tampaknya dipersenjatai dengan setidaknya satu rudal anti-radar AGM-88 HARM buatan Amerika. ketika ditembak jatuh.

Angkatan Udara Ukraina (UAF) mewarisi puluhan MiG-29 setelah runtuhnya Uni Soviet. Namun, sebagian besar jet tempur ini dalam kondisi memprihatinkan.

Sekitar 40 jet tempur MiG-29 dilaporkan beroperasi dengan UAF sebelum dimulainya operasi militer khusus Rusia di Ukraina pada Februari tahun lalu. Banyak dari jet tempur ini kemudian ditembak jatuh atau dihancurkan di darat oleh militer Rusia.

MiG-29 UAF yang tersisa saat ini digunakan untuk menyerang radar dengan rudal HARM dan mencegat drone bunuh diri dengan rudal udara-ke-udara buatan Soviet, seperti R-73 dan R-27. Sejauh ini, taktik ini belum terlihat berhasil.

Baca Juga:  Jet Tempur Sukhoi Su-27 Dilaporkan Melanggar Wilayah Udara Finlandia

Perlu dicatat bahwa Ukraina telah berusaha untuk mendapatkan lebih banyak jet tempur MiG-29 dari negara-negara NATO, yaitu Slovakia dan Polandia. Jika upaya ini gagal, UAF kemungkinan akan kehabisan pesawat MiG-29 dalam waktu dekat.